Sunday, September 25, 2016

Ninevelove Blog Tour & Giveaway + Winner Announcement

Ninevelove
Penulis: J.S. Khairen
Jumlah halaman: 344 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2016
Format: paperback
Rating Shiori-ko: 3.5/5
Sinopsis:


Jika cinta bisa tumbuh tanpa alasan, bisakah kebencian juga lahir tanpa alasan? Karena kebencianku padanya sudah bulat dan berkeping-keping bahkan sebelum aku mengenalnya.

Aku tak tahu kenapa laki-laki berbadan kurus ceking itu tak pernah membuat hidupku tenang. Selalu ada saja ejekan dan celaan yang membuat gundukan kebencianku semakin tinggi dan siap meletus kapan pun ia mau. Ya, Joven Sayoeti Chaniago—wartawan junior Majalah Cakrawala sekaligus rekanku di Tinta Kampus—seakan tak rela melihatku bahagia dengan senyum mengembang di pipi.

Aku pun merawat dengan baik kebencian itu. Menyiramnya dengan ledekan juga tawa puasnya, agar suatu hari nanti aku bisa membalasnya. Namun, saat pohon kebencian itu tumbuh dan berbuah, aku benar-benar tercengang. Tak kudapati bara di dalamnya. Hanya candu yang membuat aku terikat, hingga aku tak bisa melepaskan diri darinya.

Resensi Shiori-ko:
Setelah sukses dengan serial 30 Paspor di Kelas Sang Profesor, kini J.S. Khairen kembali dengan novel fiksinya yang kabarnya diangkat dari pengalaman hidupnya sendiri. Ya, novel ini adalah novel romansa. Sebuah genre baru yang diangkat oleh sang penulis.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Bagi mereka yang sudah terbiasa membaca tulisan karya penulis yang ada di media sosialnya, aku rasa tidak akan begitu kaget. Namun hal tersebut berbeda dengan mereka yang baru saja membaca karya dari J.S. Khairen. Penulis memberikan sentuhan yang baru dalam dunia novel fiksi romansa remaja (Young Adult). Bahasanya tidak begitu rumit, tetapi penggunaan diksinya berkata demikian. Ada beberapa frasa yang terdiri dari kosa kata yang sepertinya unik kalau disandingkan bersama.\

Meskipun begitu, bahasanya sederhana. Pembaca muda yang merupakan sasaran dari novel ini sepertinya tidak akan kesulitan. 

Plot
Sebagian besar alur cerita dari novel ini bersifat maju, meskipun ada beberapa yang mundur untuk memperkuat latar belakang karakter. Novel ini menceritakan 3 tokoh dimana masing-masing diberi ruang sendiri untuk bercerita melalui sudut pandang orang ketiga serba tahu, sehingga pembaca mengerti apa yang terjadi dengan karakter utama tersebut. Meskipun begitu, ada juga tokoh disamping tokoh utama yang diberi "panggung". 

Penokohan
Kisah dalam novel ini berputar pada 3 orang saja, yakni Joven, Guruh, dan Dewi. Ketiganya berada pada tingkatan yang sama pada sebuah perguran tinggi.

Dewi merupakan tokoh wanita yang berasal dari keluarga yang biasa saja. Dia sendiri memiliki probelamtik dengan orang tuanya sebelum dia merasa gemas dengan Guruh serta Joven. Karakter Dewi di sini memang yang paling dominan ketimbang dua yang lainnya. 

Joven digambarkan sebagai seorang prodigy. Tidak disangka tidak diduga, Joven mengagetkan Dewi dan Guruh yang selama ini menganggapnya hanya sebagai angin lalu. Joven tampil berantakan dan hal tersebut yang membuatnya seringkali dipandang sebelah mata. 

Sedangkan Guruh bertolak belakang dengan Joven. Guiruh orang yang sangat teratur, teroganisir. Wajar saja kalau Guruh memandang Joven sebelah mata bahkan meremehkan. Guruh digambarkan sebagai sosok yang juga pintar. Selalu berusaha untuk menjadi nomor satu di kelas.

Ketiganya terlibat cinta segitiga. Permasalahan yang cukup klasik tapi tetap saja seru untuk diikuti.

Isi Buku
Mengambil latar belakang dari kehidupan remaja atau mahasiswa kekinian, Ninevelove dekat dengan pembacanya. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, kisah cinta segi tiga seakan tidak ada habisnya untuk dibahas. Minimal, semua orang hampir pernah merasakan hal tersebut.

Dari segi plot, sebenarnya tidak membuat buku ini sulit diikuti. Hanya saja, dari segi penokohan, aku merasa kalau tokohnya belum digali secara dalam. Perkembangan karakternya pun terasa cepat dan terkesan penulis terburu-buru untuk segera menyelesaikan tulisannya. Padahal menurutku, apabila pengembangan karakter bisa dilakukan lebih detil, bisa saja buku ini malah menjadi jauh lebih menarik.

Saran Shiori-ko:
Untuk sebuah bacaan yang ringan, aku rasa buku ini bisa menjadi opsimu.

---


Eits, tunggu dulu! Kamu tertarik untuk membaca kisah Dewi, Joven, dan Guruh secara lengkap? Kamu bisa mendapatkan satu buah buku Ninevelove secara gratis! Bagaimana caranya?


  1. Giveaway ini terbuka untuk siapapun yang berdomisili di Indonesia
  2. Follow Twitter penulis di @JS_Khairen (wajib)
  3. Follow Twitter penerbit di @Gramedia (wajib)
  4. Follow Twitter blog host kali ini di @hzboy (opsional)
  5. Follow blog ini (wajib)
  6. Share tentang blog tour & giveaway ini di Twitter dengan tagar #Ninevelove dan mention @hzboy & @JS_Khairen (wajib)
  7. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan mencantumkan juga: nama, akun Twitter, dan domisili

Mengapa judul novel J.S. Khairen kali ini adalah "Ninevelove"?

---

Terima kasih banyak untuk partisipasi teman-teman sekalian dalam mengiktui giveaway ini! Dari semua entri yang sudah dibaca, Shiori-ko memilih satu jawaban yang paling kreatif. Maka dari itu, Shiori-ko memilih:


sebagai pemenang giveaway Ninevelove di blog Shiori-ko. Selamat! Sila kirimkan identitas, alamat kemana buku ini bisa dikirim (lengkap dengan kode posnya ya), & nomor yg bisa dihubungi ke: istiviani1906@gmail.com dengan subject: Winner GA Ninvelove. Bagi yang belum beruntung, masih ada kesempatan di blog host selanjutnya ya! :)

18 comments:

  1. Nama: Rohaenah
    Akun Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Jawaban: ngutip dari kak J.S.Khairen kata #Ninevelove berasal dari usul kak @dharmanjarrahman setelah melewati diskusi sana sini.
    Nine+letter(or envelove)+love
    Sembilan guratan surat yg menyimpan isi hati. Ada tiga tokoh utama yaitu Dewi,Joven dan Guruh. Mereka nelewati sembilan tahap perjalanan hati.

    ReplyDelete
  2. Nama : Tanya Fransisca
    Akun : TanyaFcsh_
    Domisili : tangerang

    Ninevelope
    Kalo aku mikirnya judulnya ada perpaduan antara kata love dan envelope
    Envelope yg artinya amplopkan sesuai tuh ama cover yg ada amplopnya
    Dan pasti isi amplop itu ada surat yg berhubungan dgn cinta
    Untuk ninenya mungkin ada 9 surat yg bakal diterima oleh tokoh

    Jadi novel ini ada surat suratnya
    wahhh jadi penasaran

    ReplyDelete
  3. Nama: Novia Andriani
    Akun twitter: @noviaandriani05
    Domisili: Bandung

    Jawaban: 9 surat cinta? Kalo denger judul bukunya langsung kepikiran pasti ada kaitannya sama angka 9 dan amplop pas liat cover bukunya, tentunya ada kaitannya sama cinta kalo judulnya ada kata love.

    ReplyDelete
  4. Nama: Nurul Astri
    Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang
    Jawaban:
    Karena awalnya kak J.S Khairen hanya mencetak satu novel ini untuk mantan kekasihnya dgn judul '9 Steps Suite'. 9 Steps Suite, yang berarti menghapus memori (ttg hubungan kak J.S Khairen dan mantannya). Tapi kemudian, kak J.S Khairen mengetahui kalau istilah itu kurang ramah publik. Maka ia mengubah judulnya menjadi 'Ninevelove', yaitu sembilan surat cinta.

    ReplyDelete
  5. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Domisili: Cirebon
    Jawaban:

    Ninevelove sendiri maknanya 9 Surat Cinta. Jadi mungkin ada 9 surat cinta yang diceritakan di dalam buku ini. Entah yang bikinnya siapa. Mungkin Joven 4 Surat, Guruh 3 Surat, dan Dewi 2 Surat. Maknanya, Joven lebih gigih mendapatkan Dewi dibandingkan Guruh. 2 surat yang Dewi buat untuk memberikan jawaban iya/tidak untuk Joven dan Guruh. Masuk akal kan?

    Kalo salah, saya perlu konfirmasi dengan mendapatkan buku ini, hehe :)

    ReplyDelete
  6. Nama : Ratna
    Twitter : @ratnaShinu2chi
    Domisili : Jepara

    Jawab: Karena novel ini diambil dari kisah nyata penulis yang berhubungan dengan kisah cinta penulis. Tentang sebuah surat yang pada awalnya dituliskan untuk sang mantan. Di mana surat tersebut berjudul 9 Steps Suits. 9 Steps Suite sendiri itu memiliki maksud tahapan penulis dalam menghapus memori hubungannya dengan sang mantan. Namun pada perjalanan waktu, penulis (J.S Khairen) menemukan kata yang lebih unik dan enak didengar.. Ninevelove. Tentang Sembilan surat cinta.

    ReplyDelete
  7. Nama: Rinita
    Akun Twitter: @Rinitavyy
    Domisili: Kediri

    Mengapa judul novel J.S. Khairen kali ini adalah "Ninevelove"?

    Sesuai dgn cover buku, tema, juga cuplikan adegan di dalam cerita, itu masih menurut dugaan dan pendapatku sih. Diketahui:Ninevelope~amplop~surat~sembilan

    Di hipotesa dari covernya saja sudah memperlihatkan adanya gambar "amplop surat",apabila ditranslate ke dalam bahasa inggris artinya Envelope. Dari segi temanya juga tentang cinta segi tiga, pasti disalah satu cuplikan akan ada sebuah kisah pernyataan cinta melalui surat, kadang biasa kita sebut "Surat Cinta". Bisa jadi begitu, aku juga tidak tahu pasti, namun berusaha untuk menebak-nebak. Sedangkan kata "Nine" artinya sembilan, dan disitulah yg menjadi pertanyaannya. Apa maksudnya angka sembilan? Apakah suratnya ada sembilan atau tanggal mengirimkan surat dilakukan pada tanggal sembilan? Atau pangkat dua dari angka tiga sama dengan sembilan (mengingat tokoh utamanya berjumlah 3: dewi,joven,guruh). Dan masih banyak praduga ku lainnya dan entahlah apakah di salah satunya ada yg benar. Itu masih menjadi misteri buatku juga peserta yang lainnya untuk segera di pecahkan.

    ReplyDelete
  8. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna
    domisili: Makassar

    jawaban:

    Kalau berdasarkan sinopsisnya, aku menyimpulkan kalau kak JS Khairen mengambil judul NineLove karena tokoh utama dalam novel tersebut sangat membenci Joven, dan dia menulisnya dalam surat, aku sih berasumsi ada 9 hal yang dia benci dari Joven yang kemudian 9 hal itu berubah jadi cinta. hhh maaf klu nggak nyambung jawabnnya tp cuma itu yang ada di pikiranku. hehehe
    sekian:)

    ReplyDelete
  9. Nama: Mega Widya
    Akun Twitter: @widy4_w
    Domisili: Nganjuk

    Jawabanku: Karena penulis menginginkan judul pada novelnya kali ini, terdapat rangkaia. kata yang unik dan menarik, yang belum pernah dijamah dari novel sebelumnya, yang memiliki ciri khas semanis kisah cerita di dalamnya, dan yang memiliki makna khusus mengingat novel ini di angkat dari pengalaman hidup penulis, sehingga ia berpikir untuk memberikan nama Ninevelope, judul yang lain dari pada yang lain.

    ReplyDelete
  10. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    Domisili : Ciamis

    Karena Ninevelove lebih catchy daripada Ninemailove. Sejujurnya ini ngaco banget, tapi sepertinya penulis lebih seneng sesuatu yang konservatif tapi maknanya dalem. Oleh karena itu dia milih sembilan surat cinta dibanding sembilan e-mail cinta. Intinya, menulis surat lebih berani, lebih misterius, lebih mahal juga sih kalau dikirim vi pos. Tapi, sampe detik ini kayaknya masih banyak yang setuju kalau surat itu alat komunikasi yang tak lekang oleh waktu. Secara surat ini banyak kelebihannya, pertama nggak ada pembatasan jumlah karakter, terus bisa juga mendeteksi kebohongan/kejujuran dari bentuk tulisannya, macem-macem jenisnya, udah gitu punya lagu sendiri pula yang dinyanyikan sama Mamah Ina. Lagian satu-satunya jenis surat yang nyebelin cuma satu sih sejauh ini, ia adalah suratan takdir di mana diri ini kudu menerima undangan pernikahan dari sang mantan. Udah sedih-sedih harus kondangan pula. Jelasnya jangan ragu ungkapkan perasaanmu lewat surat. Mungkin itu pesan yang mau disampaikan penulis.

    ReplyDelete
  11. Nama :Yohana
    Twitter : @MrsSiallagan
    Domisili : Siantar
    Jawaban : Kenapa judul bukunya Ninevelove. Sekedar nebak aja sih, Guruh memberikan surat kepada Dewi,mendekatinya dengan tulisan tangannya yang romantis, dia menyampaikan isi kepalanya yang tinggi akan syair dan kata yang indah untuk Dewi, jadilah mereka saling berkirim surat dalam menyampaikan perasaan masing-masing. Memang cukup aneh jika teknologi sekarang sudah canggih, tapi surat adalah sebuah karya yang dibuat tidak dengan buru-buru, tetapi dengan perasaan sekaligus cinta.

    ReplyDelete
  12. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Domisili : Pati - Jawa Tengah

    Ninevelove : Nine Envelope : Sembilan Amplop > Judulnya kece, bikin penasaran sama isinya :D

    Dari ketiga tokoh sentral mungkin akan melibatkan 'surat-surat' cinta untuk mengungkapkan perasaan mereka. Tentang perasaan benci yang dipupuk Dewi pada Joven juga perasaannya pada Guruh yang mungkin dia tuangkan melalui 'surat-surat' itu. Apalagi disebutkan kalau Dewi lebih dominan dalam novel ini, jadi aku anggap 'surat' itu mewakili perasaan Dewi pada dua cowok itu.

    Demikian :)

    ReplyDelete
  13. Nama: Nurwahidah Ramadhani
    Akun twitter: @wawha_cuza
    DOmisili: Medan

    Ninevelove? Awalnya aku sama sekali nggak ada ide. Unik banget. Setelah dipandang-pandang, ada beberapa khayalan:
    Nine=sembilan Velove=nama cewek, seperti Velove Vexia.. wkwkkwk (sumpah ngarang karena tokohnya Dewi, Joven dan Guruh)
    Nine=sembilan Ve=???? 've sudah Love=cinta (cinta ke sembilan? haha)
    Nine=sembilan envelope=amplop (merujuk ke cover) love=cinta
    Cinta yang disampaikan lewat surat/tulisan.. mungkin ada 9 surat atau 9 fase dalam hubungan mereka bertiga.
    Ahh, yang jelasnya aku penasaran banget sama buku ini, semoga dapeeeeet..

    ReplyDelete
  14. mariyam
    @mariyam_elf
    surabaya

    ninevelove, 9 amplop cinta. mungkin karena isi ceritanya ada sentuhan surat cinta. ini kan cinta segitiga, ya bisa aja masing-masing tokohnya punya 3 surat cinta utk org yg mreka suka. ini sih gambaranku. makanya judulnya gitu. apalgi sesuai dengan covernya yg unyu itu.

    ReplyDelete
  15. nama: insan gumrlar ciptaning gusti
    akun Twitter: @san_fairydevil
    Domisili: surakarta, jateng

    Mengapa judul novel J.S. Khairen kali ini adalah "Ninevelove"?

    Nine + in + eve + love = cinta di dalam 9 malam . Hus, jangan berpikir yg aneh dulu. Ada 3 cinta ybg setiap cintanya brmula hany dlm 3 waktu. 3 hari, jam, menit dan detik..
    Perasaan tidak tau berubh menjadi benci dlm hitungan waktu. Begitupun dari benci menjadi semkin benci dn banting setir ke cita.

    ReplyDelete
  16. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem,Bali

    "Ninevelove"
    Siapapun yang baca judul ini dan liat covernya yang cantik, pasti deh langsung tertarik. Apalagi temanya romance, cinta segitiga dari benci jadi cinta, jelas banget dialami sama sebagian besar orang. Makin comotable deh!
    Menurut prediksiku, judulnya dari nine, envelope, love. Digabungin, dimodifikasi dikit biar unik. Di covernya juga ada ilustrasi sebuah amplop, tokohnya tiga orang. Apakah masing-masing orang mengirimkan tiga surat cinta? Atau ada seseorang diantara mereka yang mengirimkan dan menerima sembilan surat pernyataan cinta? Hahaha.. Penasaran banget!

    ReplyDelete
  17. nama : Rheinita CN
    akun twitter : @rheinitacn
    domisili : Tangerang

    ninevelop
    jika saya tebak adalah gabungan antara nine dan envelope
    saya dengar jika buku ini diciptakan sang penulisnya saat zaman masih menggunakan surat-menyurat sebagai media untuk menyampaikan perasaan, dan nine adalah 9 tahapan ia menghapuskan memori tentang hubungan mereka, yang ada di dalam novel ini.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Gorontalo

    Pertama kali baca judulnya yang kepikiran adalah angka 9 karena ada kata nine-nya di dalam. Setelah itu keinget salah satu aktris namanya Velove Vexia. Dan nama Velove adalah sesuatu yang berkaitan dengan Cinta atau sayang. Jadi kenapa Ninevelove? Aku pikir mgkn karena ini adalah cinta yang tumbuh di hati tiga orang, masing masing punya satu cinta jadi totalnya ada 3 cinta. 3 cinta dan 3 orang. Jadi 3 x 3 = 9 ��

    ReplyDelete