Sunday, September 15, 2019

Pirgi dan Misota - Giveaway Winner Announcement!



"Dengar, mulai sekarang kau sebatang jamur ya. Bukan sebatang jamur biasa, kau bisa berubah menjadi jamur raksasa dan menghancurkan semuanya. Itu yang harus kau percayai, Pirg."

---

Pirgi dan Misota terdengar aneh sebagai sebuah judul cerita. Dengan desain sampul bergambar jamur, awalnya aku pikir kata Pirgi dan Misota merujuk pada spesies jamur. Ternyata tebakanku salah total.

Pirgi bekerja di toko roti, masih berusia 22 tahun kala itu dan jatuh cinta dengan seorang penulis yang usianya hanya terpaut sedikit dengan usia ibunya. Lelaki itu mengaku bahwa dirinya seorang penulis. Pirgi pun kepincut, jadi jatuh hati sejak pertemuan pertama mereka yang secara tidak sengaja terjadi sewaktu istirahat makan siang. 

Mereka akhirnya bersama. Namun, kejanggalan-kejanggalan kerap terjadi. Nodee, atau lelaki penulis itu, perlahan-lahan memperlihatkan watak yang berbeda dengan apa yang dikenal Pirgi. 

Apa yang terjadi di dalam rumah tangga Pirgi selalu diceritakan kepada karibnya, Misota. Hanya Misota-lah yang tahu apa-apa yang terjadi dengan Pirgi. Sebentar-bentar, Pirgi menghubungi, atau bahkan datang ke rumah sewanya. Hubungan Pirgi dan Misota sangatlah dekat. Tetapi sebenarnya, ada sesuatu yang disembunyikan oleh Ibu dari Pirgi. Ibu memang secara terang-terangan mengatakan bahwa ia tidak menyetujui hubungan Pirgi dengan Nodee. Lelaki itu terlalu tua untuk menjadi suaminya. Tetapi di balik itu semua, ada lagi yang ibu tidak bisa ceritakan kepada Pirgi.

Itulah yang menjadi penutup novel Pirgi dan Misota. Mungkin tidak bisa dibilang novel juga sebab ceritanya hanya setebal 132 halaman saja. Cerita ringan dengan kosa kata yang mudah dipahami. Barang tentu bisa dihabiskan dalam waktu singkat. Atau bahkan hanya dengan secangkir kopi dan roti kaya.

Yetti A.KA selaku penulis tidak main-main. Kalau membawakan cerita tentang rumah tangga, ya bahasa "dewasa"-lah yang digunakan. Novel ini bukan novel teenlit. Maka, jangan kaget jika tiba-tiba ada kata-kata yang terkesan vulgar -- padahal ya memang begitu seharusnya dideskripsikan. 

Secara penceritaan, Pirgi dan Misota tidak memiliki alur waktu yang eksplisit. Pembaca hanya perlu mengikuti kemana cerita mengalir. Apakah masa lalu atau masa kini. Tetapi meski begitu, jika pembaca melakukan pembacaan cepat juga tidak bingung. Karena itu tadi, cukup ringan meski penutupnya membuat tercengang.


Pirgi dan Misota
Penulis: Yetti A. KA
Tahun terbit: 2019
Penerbit: DIVA Press
Jumlah halaman: 132 halaman

---

GIVEAWAY~


Penasaran tidak dengan misteri yang sebenarnya disembunyikan dari kehidupan Pirgi? Well, Diva Press punya satu eksemplar buku Pirgi dan Misota yang bisa kamu nikmati.

Terima kasih untuk semua jawaban unik yang masuk ke dalam kolom komentar. Setelah aku membaca jawaban teman-teman dan mengecek apakah semua kewajiban follow sudah terpenuhi, maka aku umumkan bahwa pemenang dari Blog Tour and Giveaway Pirgi dan Misota di Shiori-ko adalah (drum roll):


Selamat ya! Nantinya, akan dihubungi melalui DM Twitter.

Dan untuk yang belum beruntung, silakan mampir ke Bibliough. Siapa tahu, jadi memang di sana kan :D

15 comments:

  1. @tembangraras_
    Dom: Tulungagung, Jawa Timur

    Menurutku ya, rahasia yang disembunyikan Ibu dari Pirgi adalah bahwa Nodee adalah mantan kekasih yang pernah mematahkan hatinya. Semua tulisan Nodee bercerita tentang dirinya, Ibu Pirgi.

    Sekian, semoga aku beruntung

    ReplyDelete
  2. Akun Media Sosial : @irpuspit
    Domisili:purbalingga, jawa tengah
    Jawaban :

    Nodee menulis sebuah buku yang menceritakan tentang ibunya pirgi. Nodee dan Ibunya pirgi pernah menjalin sebuah hubungan yang sangat special sehingga dibuatlah buku tentang ibunya pirgi

    ReplyDelete
  3. @rsnarianti
    Domisili: Makassar, Sulawesi-Selatan

    Kalau menurutku, Noode hanyalah karakter yang hanya berupa imajinasi dari si Pirgi. Karena kebiasaannya yang suka mengkhayalkan punya kekasih yang mapan dan seorang penulis, akhirnya sosok Noode menjadi seolah nyata dalam kehidupan Pirgi. Untuk itu Ibu Pirgi, mencoba menghalangi hubungan antara Pirgi dan Noode, supaya Pirgi bisa hidup di dunianya yang nyata. :D


    Wish me luck. :)

    ReplyDelete
  4. @dust_pain | malang

    menurutku yang disembunyikan ibu pirgi adalah kenyataan kalau nodee adalah cinta pertamanya yang tak kesampaian di masa lalu. mungkin ibu pirgi masih mencintai nodee diam2 tanpa seorang pun tahu. waktu pirgi hendak menikah dengan nodee, perasaan cemburu itu pun tak kuasa muncul. ibu pirgi tahu dia gak berhak merasa seperti itu, makanya dia menentang hubungan mereka dengan dalih nodee terlalu tua. padahal tentu saja alasan sebenarnya karena ibu pirgi gak bisa melihat laki2 yang dicintainya diam2 selama ini menikah dengan putrinya sendiri. itu terlalu menyedihkan bagi ibu pirgi.

    ReplyDelete
  5. Twitter: @gr_dhani
    Domisili: Medan
    Jawaban: Menurutku yang disembunyikan Ibu Pirgi adalah Pirgi dan Norde sebenarnya saudara kandung. Well, if we dont read the book, who knows? 😅 Ya kan bisa saja mereka saudara kandung, Ibu Pirgi cerai, dan terpisah lah mereka. Dalam perpisahan itu Norde lah yang lebih dulu tahu keberadaan Pirgi, ia menuliskan kisahnya dalam bentuk tulisan. Kenapa Ibu Pirgi menyembunyikan hal ini? Itu untuk menutup luka hatinya akan perceraian yang dulu ia alami.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Twitter : @venadwim
    Domisili : surabaya
    Jawaban : Hmm, diliat dari umur Nodee dan ibunya Pirgi yang tak beda jauh, sepertinya mereka adalah mantan pacar 😁

    ReplyDelete
  8. twitter: @armylia_
    Dom: Malang
    Cerita yg disembunyikan Ibu Pirgi: Nodee sebenernya ga nyata, dia hanya ilusi dari Pirgi. Tp Ibunya ga sanggup buat bilang itu ke Pirgi krn akan mematahkan hati anaknya

    ReplyDelete
  9. Twitter: @winda_vw
    Domisili : Yogyakarta
    Jawaban :
    Menurutku yang disembunyikan Ibu Pirgi adalah kisah cinta masalalu antara Ibu Pirgi dan Nodee yang terlampau rumit dan dalam,penuh dengan lika-liku yang pada akhirnya mereka tidak bisa bersatu . Ibu Pirgi terpaksa menikah dengan orang lain sedangkan Nodee memilih sendiri hingga bertemu Pirgi.

    ReplyDelete
  10. Akun Media Sosial: @ibnu_berkicau (Twitter)
    Domisili: Karanganyar, Jawa Tengah.
    Jawaban: Kayaknya Nodee itu bapaknya Pirgi.

    ReplyDelete
  11. Twitter : @Rarah_09
    Domisili : Jakarta Selatan
    Jawaban : Ibunya Pirgi tahu benar tentang bagaimana seorang Nodee. Nodee adalah seorang penulis yang selalu menuliskan cerita tentang Ibu Pirgi, dan Nodee mempunyai rasa terhadap Ibu Pirgi. Nodee pernah menyatakan perasaannya itu namun ditolak oleh ibu Pirgi dan membuat Nodee menyatakan dendam padanya. Sehingga Ibu Pirgi tau jika Nodee menikahi Pirgi agar dendamnya itu terbalaskan dengan perubahan yg terjadi pada watak Nodee saat berumah tangga.

    ReplyDelete
  12. @siskaayunadia5
    Domisili: Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
    Jawaban: menurutku, Nodee adalah teman lama ibunya Pirgi. Karena telah berteman cukup lama, akhirnya ibunya Pirgi tahu Nodee bisa merubah dirinya jadi jamur, maka dari itu dia kerap terlihat aneh dan hal itu pula yg menyebabkan pertemanan mereka berakhir. Ibunya khawatir, jikalau anaknya Pirgi ikut disihir atau entah bagaimana ikut diberi kekuatan bisa berubah jadi jamur. Sedangkan ibunya Pirgi sangat phobia terhadap semua jenis jamur.

    ReplyDelete
  13. Facebook: Widanengsih (Wiwi)
    Domisili: Jawa barat
    Jawab: menurut ku, ibunya pirgi pernah berhubungan dengan nodee karena suatu alasan ibunya pirgi pergi meninggalkan nodee dan pada saat itu nodee berubah iya selalu menunjukkan perilaku yang tidak biasa pada saat-saat tertentu dan karena rasa yang masih di miliki oleh nodee pada ibunya pirgi membuat nya menjadi benci pada ibu pirgi oleh sebab itu nodee ingin membalas kan apa yang nodee alami pada ibu pirgi lewat pirgi

    ReplyDelete
  14. Instagram : @atrahabibie
    Domisili : Kota Pekalongan, Jawa Tengah
    Yang disembunyikan dari ibu Pirgi adalah kenyataan bahwa Nodee bagian dari masalalu ibu Pirgi dan oleh karenanya ibu Pirgi telah mengetahui berbagai perilaku dan karakter Nodee yang seorang siluman jamur. Sehingga setelah bersama, Pirgi baru menyadari dan menemukan kejanggalan perilaku Nodee.

    Semoga beruntung!

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete