Thursday, January 28, 2016

Change Leadership: Non-Finito

Change Leadership: Non-Finito
Penulis: Rhenald Kasali
Jumlah halaman: 376 halaman
Tahun Terbit: 2015
Penerbit: Mizan
Format: paperback
Harga: Rp 95.000 di Gramedia.com
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis:

Melakukan perubaan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak risiko yang harus dibayar, bahkan tidak jarang mengancam jiwa. Namun tetap, betapapun besar biaya perubahan, dunia tidak pernah sepi dari tokoh-tokoh pembawa perubahan.

Dalam buku ini, Rhenald Kasali begitu gamblang menggambarkan tentang sosok pemimpin perubahan. Pemimpin perubahan (change leader), baginya, adalah pemimpin yang bisa memperbaiki hidup kita, bangsa kita dan keturunan kita. Bukan yang hanya menggunakan jabatannya untuk mengimpresi, pamer kekuasaan, apalagi mewariskan kerusakan. Seorang change leader, kata Rhenald, tidak pernah takut akan banyaknya risiko. Ia akan terus berjuang mewujudkan karya dan impiannya, meski di depannya menghadang risiko besar, sebuah ketidakpastian (non-finito); kekurangan biaya, kurangnya dukungan masyarakat, ketidakpastian perekonomian dunia, ataupun kehabisan waktu,

Resensi Shiori-ko:
Terima kasih Penerbit Mizan karena sudah memilihku sebagai pemenang giveaway buku ini! Cukup penasaran juga dengan konsep yang dituliskan pada verso sampul dan kebetulan ada kuis yang memberikan buku ini sebagai hadiah. Lumayan, tidak perlu keluar duit untuk membeli hehehe

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Dalam buku ini, Prof. Rhenald Kasali masih setia dengan gaya penyampaiannya. Aku rasa, banyak dari pembaca artikel beliau baik itu di media massa elektronik maupun cetak yang akhirnya semakin penasaran dengan bagaimana cara pikir beliau terhadap bentuk kepemimpinan dan manajemen dan memutuskan untuk membaca bukunya. Kalau dikatakan sulit, buku ini tidak sulit untuk dicerna. Buku ini cenderung agak berat, namun bukan berarti pembaca awam tidak dapat memahaminya. 

Penyampaian yang diberikan oleh Prof. Rhenald Kasali juga dimudahkan dengan adanya studi kasus ataupun artikel-artikel yang pernah beliau tulis sebelumnya dan memiliki hubungan dengan materi yang tengah dibahas di dalam bab. Namun, jangan heran, Prof. Rhenald Kasali sebagian besar menggunakan tokoh Awang Faroek sebagai contoh yang paling fenomenal. Dalam setiap bab, Prof. Rhenald Kasali senang sekali mengaitkan Awang Faroek sebagai contoh dari bagaimana sebaiknya seorang pemimpin.

Desain dan Tata Letak
Seperti yang sudah ditulis dalam paragraf sebelumnya, buku ini agak berat. Jangan bayangkan dan jangan harapkan adanya ilustrasi menarik seperti dalam bukunya Yoris atau Handoko, karena memang, buku ini ditujukan kepada jajaran-jajaran pemimpin yang ada di organisasi atau di instansi.

Setiap bab didukung oleh artikel yang didesain berada dalam boks untuk memisahkan dengan tulisan utama. Setiap bab juga dilengkapi oleh grafik yang bisa memudahkan pembaca untuk memahami pesan yang ingin disampaikan oleh Prof. Rhenald Kasali. Semua halaman, dari awal sampai akhir hanya berwarna hitam dan putih, termasuk jika lembar tersebut terdapat foto dan gambar. Desain dan tata letaknya standar seperti buku-buku pada umumnya.

Isi Buku
Buku ini memberikan gambaran tentang pola kepemimpinan yang sudah tidak lagi seperti yang dulu-dulu. Terdapat perbedaan pola yang juga didorong oleh visi panjang para pemimpinnya, sehingga tidak bisa lagi hanya mengandalkan janji palsu tanpa adanya realisasi yang sesungguhnya. Prof. Rhenald Kasali tidak memberikan tulisan yang berputar-putar, melainkan langsung pada poin bagaimana seharusnya sikap dari seorang pemimpin di era yang baru ini. Dengan menggunakan ide dari karya Michaelangelo atas karyanya yang tidak selesai itu, Prof. Rhenald Kasali bisa menjelaskan dalam 10 bab mengenai seperti apakah sosok pemimpin yang dibutuhkan di masa kini. Jangan sampai, para pemimpin masa kini hanya mencari kekayaan tanpa benar-benar mengemban amanah sebagai khalifah. 

Sayangnya, bagiku, buku ini tidak terlalu cocok untuk orang-orang yang suka membaca buku-buku ringan. Ada hal-al yang membutuhkan pemikiran mendalam untuk benar-benar memahami bagaimana mengubah mindset untuk menjadi pemimpin yang bisa membawa perubahan positif untuk masyarakatnya, tidak hanya selama periode kepemimpinannya, melainkan juga hingga 10-20 tahun ke depan untuk kebaikan bersama.

Saran Shiori-ko:
Buku ini bagus sebagai referensi pemikiran supaya pemikiran kita tidak hanya dari satu sisi saja. Untuk menyadarkan kita kalau ternyata dinamika manusia begitu cepat sehingga perlu sosok pemimpian yang tidak hanya sekedar mencari uang dan numpang populer.

No comments:

Post a Comment