Friday, January 8, 2016

This Book Loves You

This Book Loves You
Penulis: Pewdiepie
Jumlah halaman: 256 halaman
Tahun terbit: 2015
Penerbit: Penguin Books
Format: paperback
Harga: Rp 232.000 di Periplus
Rating Shiori-ko: 4/5
Sinopsis:


This Book Loves You by PewDiePie is a collection of beautifully illustrated inspirational sayings by which you should live your life. If you follow each and every one, your life will become easier, more fabulous, more rewarding. 

Imagine what a chilled-out and wonderful human being people would think you were if you lived by the simple principle "You can never fail if you never try." Your wasted life would be an inspiration to others. Think of all the pointless, unhappy striving you could simply give up. Throw away that guitar! Give up on your dreams! Embrace your astounding mediocrity. 



This Book Loves You has something for everyone--or at least everyone willing to give up and stop caring. If all else fails, remember: "Don’t be yourself. Be a pizza. Everyone loves pizza."


Resensi Shiroi-ko:

Setelah banyak membaca resensi ini itu plus memang rekan sekantor suka dengan Pewdiepie, jadi aku rasa tidak ada salahnya mencoba membaca buku ini. Buku yang katanya cukup menghibur untuk mereka yang tengah patah semangat.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Barangkali menuliskan resensi untuk buku ini bisa dikatakan agak susah pun agak mudah. Buku ini sama sekali tidak menggunakan kata-kata yang susah. Pewdiepie hanya menggunakan kosa kata yang memang sudah dan sedang ramai dipergunakan dalam komunikasi dunia maya baik teks maupun lisan. Gaya bahasanya juga sangat santai. Malah mungkin sebagian besar orang berpikir kalau apa yang ditulis oleh Pewdiepie jangan-jangan bukanlah tulisan sama sekali, melainkan suatu pemikiran acaknya tentang manusia dan lingkungannya. 

Berbicara tentang penyampaian, mungkin bagi sebagian orang serasa seperti rugi membeli buku ini. Pasalnya, buku ini memang tidak berisi tulisan-tulisan memotivasi ala buku self help kebanyakan. Memang, dalam bagian awalnya, Pewdiepie sudah mengatakan kalau buku ini merupakan buku yang berisi hal-hal bersifat demotivasi. Pewdiepie juga mengakui kalau dirinya merasa heran mengapa manusia bisa mudahnya dimotivasi oleh kutipan yang "katanya" dari orang termashyur. Maka dari itu penyampaian buku ini agak nyeleneh. Tapi aku menyayangkan jika apa yang ada dalam buku ini rasanya tidak dapat dengan mudah dipahami oleh mereka yang tidak sering berkunjung ke akun YouTube Pewdiepie. Guyonan yang berada di dalamnya tidak jarang juga menggunakan permainan kata sehingga bagi sebagian orang mungkin akan sulit untuk menemukan dimana letak kelucuan dari tulisan tersebut.

Desain dan Tata Latak

salah satu isi buku // sumber


Tahukah kamu mengapa buku ini bisa dikatakn cukup laku? Buku ini hanya berisi tulisan singkat yang didesain sedemikian rupa sehingga tampkanya seperti seni tipografi. Padahal, bisa saja penata letak buku ini asal menata supaya kelihatan lebih meriah. Buku ini dari awal hingga akhir hanya berisi gambar-gambar desain yang terlihat seperti tipografi. Tulisan yang berada dalam desain tersebut tentu buah pemikiran dari Pewdiepie dan semangatnya untuk mendemotivasi pembacanya (dalam artian untuk membuat tertawa pembaca). Menyenangkan sekali membaca This Book Loves You sebab desain setiap halaman dan lembarnya yang memang bagus!

Isi Buku
Seperti yang sudah disebutkan, buku ini berniat untuk membuat humor kepada pembacanya, namun dengan cara memberikan tulisan-tulisan yang malah membuat orang jadi patah semangat atau makin putus asa dengan keadaannya. Di pendahuluan, dengan meniru desian opening credit dari Star Wars, diceritakan tentang Pewdiepie dan tujuannya membuat buku tersebut. Tidak hanya desain semata, beberapa halaman juga terdapat foto-foto Pewdiepie dengan para penggemarnya dari seluruh dunia. seakan mereka memberikan semangat kepada Pewdiepie. 

salah satu isi buku // sumber


Sayangnya, buku ini bagiku tidak sepenuhnya lucu. Aku sendiri tidak menemukan pola atau pattern tertentu ketika asyik membaca buku ini. This Book Loves You hanyalah sebagai sebuah catatan acak Pewdiepie akan bagaimana ia melihat dunia ini. Sekali lagi, tidak semua orang bisa menikmati kadar kelucuan dari This Book Loves You.

Saran Shiori-ko:
Untuk buku yang penuh gambar dan ada 256 halaman, rasanya tidak berlebihan jika harganya bisa mencapai lebih dari Rp 200 ribu. Buku ini bisa dibaca berulang-ulang sebagai  inspirasi. Tapi, seperti yang aku tuliskan, pastikan kamu mengerti seperti apa Pewdiepie supaya tidak merasa menyesal ketika membeli buku ini.

No comments:

Post a Comment