Monday, February 15, 2016

Bibli & Shiori-ko in Crush: Hari Kasih Sayang bersama Teman Fiksimu?


Menyambut Hari Kasih Sayang, Shiori-ko bersama dengan Bibli punya cara yang unik sekalian melakukan PosBarBBI bulan Februari nih! Tapi sebelumnya, mari kita baca pendapat kak Raafi selaku mand behind Bibli tentang proyek lucu ini.

Bahagia itu bisa bikin proyek bareng Shiori-ko! Kenapa? Karena bisa bersanding bersama blog buku yang membahas ulasan-ulasan buku yang menginspirasi dan menambah wawasan. Bibli? Sepertinya membahas buku yang ringan-ringan saja. Huhuhu. Walaupun bisa dibilang "kepepet" karena memang mengejar momentum Hari Kasih Sayang dan ide benar-benar muncul sehari sebelum itu, akhirnya berhasil ditayangkan untuk pembaca setia Bibli dan Shiori-ko. - Raafi 

Yak! Bibli dan Shiori-ko ingin mengetaui pendapat satu sama lain mengenai Hari Kasih Sayang yang kini sudah menjadi semakin tematik. Sebelumnya, Bibli sudah mewawancara Shiori-ko dengan pertanyaan yang lucu dan menggemaskan. Kali ini, giliran Shiori-ko yang menodong Bibli dengan pertanyaan yang tidak kalah imut :3

Shiori-ko (S): Hari Kasih Sayang selalu identik dengan kekasih atau gebetan. Tapi, pernah nggak sih ngebayangin bakal menghabiskan hari kasih sayang dengan tokoh fiksi? Siapa dia?

Bibli (B): *sobbing* Kenapa Shiori-ko bertanya tentang hal-hal fiksi? Adakah seseorang yang bertanya riil tentang dunia ini kepadaku? Baiklah. Aku akan jawab. Pertama-tama, tidak ada bedanya bagiku Hari Kasih Sayang dengan hari-hari lainnya. Kau bisa mengungkapkan kedua perasaan itu setiap saat. 

Oh ya, Shiori-ko tidak membuat jumlah maksimal untuk pertanyaan ini kan? Aku sangat senang bila menghabiskan sehari saja bersama dua orang teman. Ingat! Teman, tidak lebih. Keduanya adalah Nathaniel dari "Bartimaeus Trilogy" dan Nobody Owens dari "The Graveyard Book".

S: Rasanya akan aneh jika tidak melakukan apa-apa di Hari Kasih Sayang. Nah, dalam menghabiskan Hari Kasih Sayang, tokoh fiksi yang digebet Bibli mau diajak kemana & ngapain?

B: Shiori-ko tahu, begitu sulit bagiku untuk menentukan tokoh fiksi yang ingin benar-benar ada dan aku sangat ingin kenal walaupun sehari saja. Sebut saja Percy Jackson, Artemis Fowl, juga Anthony Lockwood. Aku berharap mereka tidak berang kepadaku karena lebih memilih Nat dan Bod. Dan entah kenapa aku lebih memilih karakter fiksional laki-laki ketimbang perempuan. Mungkin aku bakal lebih nyaman dengan mereka dan bisa berbuat hal gila apa pun bersama mereka.

Keduanya benar-benar cocok untuk dibawa jalan-jalan. Aku bisa mengulik bagaimana Nat begitu tegar hidup bersama Arthur Underwood hampir setengah hidupnya. Dan jangan lupakan Barti! Oh, aku ingin sekali bertemu dengannya! Dengan Bod, aku ingin tahu kehidupan di pemakaman. Juga tanggapannya tentang Silas yang sudah hadir dalam hidupnya walaupun tidak lama.

Bersama keduanya aku ingin tahu bagaimana rasa kasih sayang mereka terhadap seseorang. Adakah seseorang itu bagi keduanya? Keduanya sudah tidak bisa merasakan kasih sayang orangtuanya sedari kecil, kau tahu. Aku akan terus mendengarkan dan mendengarkan. Mungkin sesekali akan merespons sekenanya. Aku yakin kehidupan mereka juga tidak kalah serunya selain yang sudah termaktub dalam buku-bukunya.

S: Wah ternyata banyak juga ya yang mau diajak menghabiskan waktu bersama untuk merayakan Hari Kasih Sayang! Coba sekali-sekali diajak piknik dan kalian bisa berbincang lama. Ide bagus kan? :3 

B: Ide bagus tuh! Lain kali bisalah dicoba! 

S: Lanjut ke pertanyaan selanjutnya ya Bibli! Adakah buku tentang kasih sayang (dengan (si)apa saja) yang ingin Bibli jadikan versi visualnya (film/serial)? Apakah itu (kalau bisa, judul bukunya sudah pernah diulas di blog)?

B: Shiori-ko, aku merasa sedih. Lihat jawaban panjang lebar yang sepertinya tidak masuk akal di atas itu! Bagaimana bisa masuk akal kalau mereka yang ingin kautemui hanyalah karakter fiksional yang hanya dibuat-buat oleh pengarangnya? Tapi tidak masalah, paling tidak aku bisa membayangkan sehari saja bersama mereka.

Oke. maaf belum menjawab pertanyaanmu yang sulit ini. Bila aku diminta pilih satu buku untuk divisualisasikan menjadi film/serial, aku tidak memberi satu pun rekomendasi berupa buku bergenre fantasi. Tidak! Ayolah! Biarkan imajinasi pembaca menggambarkannya sendiri. Buat apa disebut bergenre fantasi kalau dibuat versi visual? Fantasi dan imajinasimu akan buyar! Percayalah!

Jadi, aku akan merekomendasikan serial Theodore Boone karya John Grisham untuk dijadikan serial televisi! Ketiga buku terjemahannya sudah kubaca habis dan bisa kautilik ulasannya di sini: http://bibliough.blogspot.co.id/2014/02/boones-problems.html. Bacalah dan kau akan mengerti kenapa aku menginginkan pengacara cilik itu dijadikan sebuah serial televisi!

S: Jawaban Bibli ternyata asik-asik ya! Sudah cukup deh kepo tentang Hari Kasih Sayang-nya. Terima kasih sudah bersedia mengajak Shiori-ko untuk melangsungkan proyek lucu di Hari Kasih Sayang! 
B:Wah, sudah selesaikah kita? Singkat sekali ya. Apa aku sudah bilang kalau aku bahagia berbincang denganmu, Shio? Kalau belum, biar aku tekankan lagi: aku bahagia berbincang denganmu. Banyak hal yang sepertinya bisa kita bincangkan lagi. Mungkin dengan tema-tema lain. Semoga proyek Hari Kasih Sayang ini menjadi awal untuk proyek-proyek lucu lainnya ya!

---



Selesai sudah wawancara menggemaskan antara Shiori-ko dengan Bibli. Aku selaku pengasuh Shiori-ko mengucapkan terima kasih kepada Raafi yang sudah memperbolehkan Bibli untuk diwawancara serta kak Cynthia dari Jane and Her Bookienary yang sudah mau direpoti untuk membuat banner.

Yap! Proyek yang diinisiasi oleh Raafi dan Bibli ini ternyata bisa berlanjut menjadi semacam blog tour singkat sekaligus mengisi keunikan dalam PosBarBBI di Bulan Februari. Semoga tidak hanya Bibli yang mengajak dan bisa diajak kerjasama proyek lucu di masa mendatang ya!


No comments:

Post a Comment