Sunday, July 10, 2016

Quiet Power

Penulis: Susan Cain
Jumlah halaman: 288 halaman
Tahun terbit: 2016
Penerbit: Penguin Young Readers Group
Harga: USD 12.99 di Kobo Store
Format: EPUB
Rating Shiori-ko: 5/5
Sinopsis:

Based on the monumental bestseller Quiet, this new version focuses on the strengths and challenges of being an introverted kid 

Susan Cain sparked a worldwide conversation when she published Quiet: The Power of Introverts in a World that Can't Stop Talking. With her inspiring book, she permanently changed the way we see introverts and the way introverts see themselves. The original book focused on the workplace; this book focuses on kids--school, extracurriculars, family life, and friendship. It also features Susan Cain's own story. There's even a guide at the end of the book for parents and teachers. This insightful, accessible, and empowering book, illustrated with amusing comic-style art, will be eye-opening to extroverts and introverts alike.


Resensi Shiori-ko:
Puas dengan tulisan Susan Cain dalam Quiet, aku juga mencoba untuk membaca edisi yang dikhususkan untuk anak-anak dan remaja. Apalagi ada ilustrasi menariknya. Jadi sayang untuk dilewatkan.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Dibandingkan dengan buku Quiet yang memang ditujukan kepada pembaca yang lebih dewasa, buku Quiet Power yang satu ini memiliki bahasa yang lebih ringan. Kosa katanya minim dari yang membuat pembaca mudanya bingung. Penyampaiannya pun juga tidak menggunakan penyampaian yang terlalu mendalam atau bahkan terlalu panjang lebar. Susan Cain menjaga agar pembacanya tidak malah jadi bosan. Dalam hal ini, Susan Cain bisa membuat pembaca mudanya terus penasaran. Sebab, Susan Cain memberikan informasi-informasi yang aku kira, bagi para siswa, cukup bermanfaat. Apalagi ketika mereka mengetahui kalau mereka adalah orang yang introvert.

Sama dengan buku Quiet, buku ini bisa aku habiskan hanya dalam satu malam saja. Bahasa yang ringan dan pembahasan yang tidak terlalu membuat pusing terbukti membuatku penasaran dengan apa yang dibahas olehnya.

Desain dan Tata Letak
Selain dari bahasa penyampaian yang berbeda dengan edisi Quiet, buku ini menggandeng ilustrator yang sudah sering kita lihat karyanya di internet. Buku ini memberikan ilustrasi menarik dan ada juga comic strip untuk memberikan penjelasan secara visual akan apa yang dituliskan oleh Susan Cain dalam buku. Ilustrasinya lucu (dalam artian bisa membuat seseorang tertawa) dan menghibur. Dominasi warna putih, hitam, dan biru agak kehijauan bagiku tidak mengganggu mata sama sekali. Kalau di Kobo, jadinya tetap saja hitam dan putih sih hehe.

Isi Buku
Secara garis besar, buku ini menyampaikan hal yang sama dengan apa yang dituliskan dalam buku Quiet, namun dengan pembahasaan yang lebih ringan dan dapat mudah dimengerti oleh pembaca anak dan remaja. Tidak hanya itu saja, kalau buku Quiet lebih banyak mengekspos tentang introvert dari awal hingga akhir, ada juga penelitian-penelitian pendukung, buku ini tidak begitu.

Susan Cain menuliskan juga bahwa apa yang ada dalam buku Quiet Power juga berdasarkan penelitian yang ia lakukan terhadap anak-anak seperti target pembacanya. Di situlah, pembaca setidaknya bahwa apa yang mereka rasakan tentang menjadi seorang introvert ternyata dirasakan juga oleh orang lain. Lebih lagi, buku ini memang condong pada buku self help dan how to. Selain menuturkan kisah para introvert, Susan Cain juga memberikan cerita bagaimana mereka deal with their introversion. Mungkin saja, Susan Cain berpikiran kalau cerita dari mereka yang seumuran akan lebih mudah diterima ketimbang Susan Cain hanya mengatakan bahwa mereka harus ini dan itu. 

Menyenangkan sekali membaca buku ini. Susan Cain hanya sebagai moderator atas cerita-cerita para remaja yang introvert kemudian memberikan penjelasan yang sifatnya semi ilmiah. Secara psikologi dan ilmu pengetahuan pun, pembaca mendapatkan hal baru.

Saran Shiori-ko:
Aku puas sekali dan berharap buku ini sudah ada sejak aku berada di bangku sekolah. Sebuah bacaan yang tidak rugi kamu baca meskipun kamu sudah bukan lagi siswa.

No comments:

Post a Comment