Sunday, January 26, 2014

Detektif Kecil Hawkeye Collins dan Amy Adams

Penulis: M. Masters
Jumlah halaman: -
Format terbitan: Paperback
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 1987
Kepemilikan: Milik ayah
Waktu pembelian: - 
Asal: -
Harga beli:-
Ketersediaan di Lendabook: -
Rating Shiori-ko: 4/5 
Tokoh utama: Hawkeye Collins; Amy Adams; Nosey.
Sinopsis: (diambil dari Goodreads)
Hawkeye Collins and Amy Adams, two twelve-year-old sleuths, solve nine mysteries using Hawkeye's sketches of important clues. The reader is asked to use Hawkeye's sketches and hints to solve the mysteries.


Resensi Shiori-ko:
Sesungguhnya buku ini terdiri dari 12 seri dengan masing-masing seri berisi beberapa kasus sederhana. Buku ini termasuk buku yang atraktif karena tidak hanya membiarkan pembaca mengikuti jalan ceritanya, melainkan mengajak pembaca untuk menyelesaikan kasus tersebut. Setiap satu kasus diberikan sketsa TKP dan juga petunjuk pendukung dari dialog antar tokoh. Endingnya selalu berbentuk kalimat tanya.

Buku ini semacam permainan teka-teki atau riddle. Bagiku, kalau memang sudah menyerah tidak tahu jawabannya, silahkan mengintip pada bab jawaban (iya, seperti buku latihan soal ujian). Eits, membaca jawabannya juga tidak mudah loh. Pembaca harus memantulkan tulisannya pada cermin sehingga tulisan bisa terbaca.

Aku berani bertaruh, anak seusiaku yang pernah membaca buku ini tidaklah banyak. Aku mendapatkan akses buku ini berkat ayah. Aku membacanya saat masih berseragam putih-merah. Sayang sekali, buku ini tidak dicetak ulang, padahal buku ini sangat menarik. Gara-gara buku ini juga aku jadi tertarik dengan cerita detektif. Tentu saja, aku membaca yang versi terjemahan.

Saran Shiori-ko:
Sebuah bacaan yang maharingan untuk pembaca yang sudah biasa melahap Agatha Christie karena memang buku ini diutamakan untuk anak-anak agar mau membaca. Namun, menemukan buku ini dalam bentuk fisik ternyata sangat susah (atau bahkan tidak ada?), sehingga kalau ingin membaca, coba cari versi digitalnya. 

2 comments:

  1. setuju nggak setuju ..
    setuju menarik, setujulangka, .. tapi karena dicetaknya terbatas, hanya2 di kota2 tertentu, dan publikasinya kurang ... jadinya langka
    saya sendiri baru tahu setelah membeli di toko buku loakan .. di palasari bandung
    terakhir ehh .. malah pasar loaknya kebaakarrr ....

    ReplyDelete
  2. Sama.. Gara2 buku ini gw jadi suka banget baca buku detektif. Sekarang lg nyari buku bermutu buat anak gw yg SD tapi buku terbitan sekarang sedikit sekali yg bermutu. Pengen nyari buku2 lama kayak bgini. Serial detektif Enid Blyton yg di covernya ada gambar2 tersangka juga menarik, kita jd belajar menganalisa. Sayangnya jg dah ga dicetak ulang.. Hiks

    ReplyDelete