Sunday, January 26, 2014

The Awesome Kid Lawyer

Theodore Boone: The Kid Lawyer - Pengacara Cilik
Penulis: John Grisham
Jumlah halaman: 272 halaman
Format terbitan: Paperback
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Kepemilikan: Milik sendiri
Waktu pembelian: -
Asal: Togamas Pucang, Surabaya
Harga beli: Rp. 29.400,-
Ketersediaan di Lendabook: -
Rating Shiori-ko: 5/5 
Tokoh utama: Theodore Boone (Theo); Mr. Woods Boone; Mrs. Marcella Boone; Mr. Ike Boone; April Finnemore
Sinopsis:
Theo Boone, 13 tahun, tahu banyak tentang hukum, sebab kedua orangtuanya pengacara dan ia kenal baik dengan para hakim, polisi, serta petugas pengadilan. Ia ingin menjadi pengacara hebat, beraksi dari satu ruang sidang ke ruang sidang lain.
Dan sekarang Theo betul-betul berada di ruang sidang. Karena tahu begitu banyak--mungkin terlalu banyak--ia terseret ke dalam persidangan kasus pembunuhan yang sensasional.
Seorang pembunuh berdarah dingin mungkin akan bebas, dan hanya Theo yang tahu fakta sebenarnya.

Resensi Shiori-ko:
Jujur saja, ini adalah buku John Grisham pertamaku. Aku sudah sering mendengar bahwa Mr. Grisham memiliki karya yang menarik, terlebih karena tulisannya spesifik, yakni tentang hukum di Amerika Serikat. Aku menemukan buku ini di tumpukan buku diskon di Togamas Pucang, Surabaya dari harga awal sekitar Rp. 42.000 tinggal Rp. 29.400. Tanpa banyak pikir, aku langsung saja membelinya.

Dua bab pertama cerita ini, aku sudah antusias. Dan aku sudah merasa bahwa buku ini sangat bagus. Membayangkan bagaimana  seorang anak berusia 13 tahun ikut terlibat dalam sebuah kasus paling menegangkan di kota itu. Tentu saja, Theo memiliki banyak akses dan cara. Dia bergerak berdasarkan pengetahuan hukum yang dimilikinya. Namun, dia terlalu sibuk berusaha membeberkan kisah yang sebenarnya sehingga ia lupa akan keselamatan dirinya sendiri.

Buku ini dibuat berseri oleh Mr. Grisham. Dan yang sudah terbit di Indonesia barulah 3 buku. Ohya, aku membaca versi terjemahan yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Untuk versi bahasa Inggrisnya, kamu bisa mendapatkannya di toko buku impor seperti Periplus. 

Yang aku suka dari buku ini adalah kecerdasan Mr. Grisham membalut kasus pidana dalam bentuk yang mudah orang awam yang hampir tidak tahu apa-apa tentang hukum, apalagi hukum di Amerika Serikat. Gara-gara buku ini juga, aku jadi tahu beberapa macam istilah di pengadilan serta prosedur dalam mengajukan gugatan. Aku merasa buku ini memberikan aku informasi baru yang sebelumnya belum pernah aku dapat dan tidak mungkin aku mempelajarinya di kelas. Tentu saja kemudahan dalam mencerna cerita ini karena bahasanya mudah dimengerti. Penokohannya begitu menarik walaupun terkadang aku sempat berpikiran apakah orang tua Theo tidak mencemaskan anak mereka yang sering berkeliaran di pengadilan. 

Mungkin, karena buku ini ditujukan kepada pembaca belia, aku merasa bahwa cerita yang disuguhkan terkesan dangkal. Plot twist tidak terlalu kentara. Buku ini menawarkan cerita a la detektif cilik namun dari sudut pandang hukum, bukan seperti Sherlock Holmes atau cerita detektif pada umumnya. Akhir cerita buku ini pun sengaja dibuat menggantung, meninggalkan pertanyaan dalam benak pembacanya tentang bagaimana nasib Theo selanjutnya saat dia sudah ikut campur terlalu banyak dalam kasus pembunuhan tersebut.

Saran Shiori-ko:
Untuk kalian yang ingin mencoba membaca buku-buku John Grisham, kalian bisa memulai dengan buku ini. Umumnya buku karyanya selalu tebal, berbeda dengan serial Theodore Boone yang tidak lebih dari 300 halaman. Aku juga merekomendasikan untuk pembaca yang ingin kisah detektif berbeda. Untuk mereka yang ingin mendapatkan informasi baru, aku juga merekomendasikan bacaan ini.

No comments:

Post a Comment