Saturday, October 25, 2014

Brain, Beauty, Belief - Paket Lengkap Seorang Muslimah

Brain Beauty Belief: Panduan Menjadi Muslimah yang Cerdik, Cantik, dan Baik
Penulis: Dian Pelangi
Jumlah halaman: 480 halaman
Format: paperback
Harga: Rp. 100.000 di Gramedia
Sinopsis: (dikutip dari Goodreads)
Dian Pelangi adalah sosok hijaber Indonesia yang menginspirasi para hijaber di tanah air dan mancanegara. Ia hadir membawa angin segar dalam dunia mode muslimah, bukan saja melalui kepiawaiannya dalam mendesain dan memadupadankan busana muslim, namun juga melalui sosoknya yang inspiratif bagi para muslimah.

Banyak hijaber yang ingin mengetahui bagaimana ia mengolah imajinasi, bakat, dan cita-cita hingga bisa berada di tempatnya saat ini. Tak sedikit yang ingin mengetahui rahasia Dian Pelangi dalam berkarya maupun berdandan sehingga selalu siap dengan ide segar dan berpenampilan prima di tengah aktivitasnya yang sangat padat.

Buku ini hadir bagi para muslimah dengan harapan bisa menjadi inspirasi bagi keseharian mereka, bahwa sosok muslimah masa kini diharapkan memiliki kecerdasan jiwa (brain), keindahan hati dan penampilan (beauty), serta akhlak yang baik dan iman kepada Sang Ilahi (belief). Ibarat pepatah “mekarlah di mana pun kau ditanam”, Dian Pelangi membagi kiat, rahasia, semangat, ide, dan passion agar kita mampu menjadi inspirasi di mana pun kita berada serta dalam posisi apa pun kita sekarang.



Resensi Shiori-ko:
Bagiku, buku ini adalah salah satu buku yang mahal yang aku beli. Maklum, namanya juga mahasiswa. Aku sempat maju mundur untuk membeli ini. Syukurlah, dana yang aku "korbankan" ternyata wort it juga.

Dalam buku ini tidak hanya bagaimana menjadi muslimah yang baik, dari segi kecerdasan, menata tampilan luar, hingga membuat akhlak menjadi semakin apik. Melainkan juga ada kisah mengenai Dian Pelangi itu sendiri sebagai pengantar sebelum menuju titik inti buku ini. Berkat kisah Dian Pelangi, aku tahu bahwa label fesyen ini sudah ada sejak lama, dimana awalnya aku kira hanya muncul dan terkenal baru-baru ini seiring dengan lahirnya komunitas-komunitas hijaber. Dian Pelangi pulalah yang menggawangi salah satu komunitas hijaber di Indonesia. 

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Dari segi gaya bahasanya, penulis menggunakan cara penyampaian yang formal. Tidak digunakan bahasa-bahasa slang. Kalau aku pikir, karena pasar dari buku ini adalah semua kalangan muslimah, tidak hanya yang sepantaran atau seusia dengan penulis saja Sehingga bahasanya pun dibuat universal. Namun sayangnya, aku menemukan beberapa inkonsistensi dalam penggunakan kata sapaan. Kalau pembaca jeli, akan ditemukan bahwa ada bagian dimana penulis menggunakan kata "Anda" dan beberapa bagian lainnya menggunakan kata "Kamu". Memang tidak banyak, tetapi bagiku, agak cukup aneh jika penulis berganti-ganti kata sapaan tersebut.
Berbicara soal fesyen, mungkin hanya beberapa orang saja yang paham dengan istilah-istilahnya. Disini, penulis tidak asal menyebutkan saja, namun juga memberikan definisi secara ringkas yang membantu pembaca untuk memahami apa yang disampaikan. Begitu pula dengan bagian Belief, dimana banyak sekali kutipan baik dari Al-Quran dan Hadist. Tapi yang aku suka, kutipan tersebut tidak secara serta merta disediakan dalam bahasa Arab seperti buku-buku kebanyakan, melainkan dalam versi terjemahan dan diberi pula pemahaman dari penulis.

Tata Letak
Ini dia yang membuatku yakin mengapa buku ini mahal: tata letak alias layouting-nya bagus! Ditambah pula dengan halaman yang full color dari awal sampai akhir. Tidak hanya sekedar memberikan definisi, penulis juga memberikan ilustrasi. Seperti misalnya, ketika bagian mengenai sepatu. Satu halaman berisi ilustrasi sepatu untuk memudahkan pembaca mengetahui jenisnya. 

http://www.fimela.com/sites/default/files/sneakpeakdp_1.jpg
klik untuk gambar lebih jelas (sumber: fimela)
https://m1.behance.net/rendition/modules/110361895/disp/a489f7a241c434104b1a331fd6e886d7.png
klik untuk gambar lebih jelas (sumber: behance)


Namanya juga seorang perancang busana, sah-sah saja bagiku jika di dalam buku juga terdapat foto-foto penulis bergaya dengan karyanya. Tidak hanya sekedar menyisipkan foto, tetapi juga memberikan saran outfit apa yang cocok untuk suatu acara. Permodelan seperti itu menurutku membantu pembaca juga. 

Yang Menarik
Poin menariknya adalah bagaimana penulis bisa menyampaikan ketiga hal utama dalam satu buku. Jujur saja, meskipun bahasa yang digunakan adalah formal, buku ini tidak membosankan. Aku merasa meskipun buku ini digolongkan ke dalam "pengembangan diri" akan tetapi tidak seperti buku keribadian yang rasanya hanya memberikan cara-cara secara normatif. Disamping itu, dalam buku ini penulis juga tidak pelit membagikan tutorial berhijab sesuai dengan sifat acara yang akan pembaca hadiri.

Yang Disayangkan
Pembagian materi dari 3 bagian tersebut terlihat kurang proporsional. Tidak menyalahkan juga karena penulis adalah designer sehingga bagian Beauty pun terlihat lebih banyak. Padahal akan lebih menyenangkan jika bagian Brain dan Belief juga ikut digali.

Saran Shiori-ko:
Kalau kamu sudah sedia dana, segera beli. Tidak akan rugi memiliki buku ini sebagai salah satu referensi menjadi pribadi yang semakin baik dari hari ke hari. Apalagi kalau sudah membaca bagian Beauty, tips dan informasinya bermanfaat!

No comments:

Post a Comment