Saturday, October 25, 2014

The TBR Tag

hasil edit. sumber


Ah, tidak aku sangka, lagi-lagi aku di-tag (dan tentu saja aku senang!). Kali ini ialah Ratri, bookworm di balik Awesome Nerd. Karena sesungguhnya tag ini disajikan dalam bahasa Inggris, aku lebih mengalah untuk menjawabnya dalam bahasa Indonesia (oke, mungkin bahasanya akan campur-campur). Apakah kalian sudah tidak sabar untuk mengintip daftar bacaanku (to be read)? :D



How do you keep track of your TBR pile?
Oh thanks God I have Goodreads account! Berkat jejaring satu itu, aku bisa setidaknya memasukkan buku yang ingin aku baca ke dalam daftar. Membantuku sekali ketika ada yang menanyakan, hendak beli buku apa aku. Atau setidaknya ketika aku sedang suntuk dan berlari ke toko buku, maka daftar ini menjadi rujukanku.

Namun aku juga punya catatan dalam ponselku. Foto. Ya, ketika aku berada di toko buku dan menemukan buku baru yang belum bisa aku beli pada saat itu, aku akan memotretnya menggunakan ponselku. Tetapi, aku tidak memasukkannya ke dalam akun GRku (iya, agak males...)

Is your TBR mostly print or eBook?
Both. Karena menurutku tidak masalah jika aku ternyata hanya bisa membaca versi digital (yang aku unduh secara ilegal huhu). Tetapi aku tetap berusaha untuk mendapatkan versi cetak. Menurutku, status kepemilikan menjadi lebih tinggi jika aku unya versi cetak, disamping aku sering kelelahan jika membaca versi digital melalui layar gadget-ku.

How do you determine which book from your TBR to read next? 

sumber

It all depends on mood. Semenjak aku memang orang yang moody, keputusan akan baca aku selanjutnya, juga bergantung pada mood pada saat itu. Ambil contoh, ketika aku usai membaca trilogi The Maze Runner beserta installment yang ada, kepalaku dipenuhi dengan ide mengenai bumi dan post-apokapiltik. Tidak salah jika aku selanjutnya membaca The 5th Wave karena secara garis besar punya gagasan yang sama.

A book that's been on your TBR list the longest?
Midnight Children by Salman Rushdie. Aku sudah punya buku itu sejak aku SMA (sekarang aku berada di tahun terakhir perkuliahan) dan hingga kini belum aku baca. Tergoda dengan desain kavernya yang menarik walau harganya cukup menguras kantong pada saat itu, aku membelinya juga. Apalagi penulisnya adalah salah satu penulis kontroversial. 


A book that you recently added to your TBR pile? 
Fortunately, The Milk by Neil Gaiman. Alasannya sederhana, karena buku ini tengah didiskon di situs web Periplus. Penulisnya Neil Gaiman pula.


A book on your TBR strictly for its beautiful cover?



Aku tidak bisa memutuskan sebuah buku. Namun itu berada di antara Across the Universe (by Beth Revis), These Broken Stars (by Amie Kaufman), Aristotle and Dante Discover the Secret of the Universe (by Benjamin Alire Saenz), dan Love Letters to the Dead (by Ava Dellaira). You choose :)

A book on your TBR that you NEVER plan on actually reading? 
Dangerous to Know & Love by Jane Harvey-Berrick. Aku direkomendasikan oleh Nina Ridyananda. Aku mungkin kurang suka dengan bacaan tema romantis, jadi aku akan melakukan skimming selama membacanya nanti. Mungkin.


An unpublished book on your TBR that you're excited for?
THE FEVER CODEE!! Should I repeat? Yes, The Fever Code by James Dashner. Aku salah satu fan girl serial The Maze Runner, jadi wajar ya kalau aku penasaran ingin tahu ada apa dibalik semua percobaan terhadap penanggulangan virus flare.


A book on your TBR that basically everyone has read but you?
Jujur, serial Harry Potter dari buku 4 hingga yang terakhir. Aku terputus membacanya karena lulus dari SMP (saat itu, teman sekelasku yang baik meminjamkan untukku). Aku tidak melanjutkan lagi karena edisi filmnya juga sudah bagus dan tidak mengecewakanku.


A book on your TBR that everyone recommends to you?
Everyone? No. Tapi bisa jadi Ask The Passenger by A.S King. Aku sering melihat kaver buku ini di sekitar booklr dan seorang teman merekomendasikan untukku.


A book on your TBR that you're dying to read?
The Night Circus by Erin Morgenstern. Aku sudah membaca edisi terjemahan Indonesia akan tetapi karena buku ini terlalu indah, aku sungguh ingin membaca ulang dalam tulisan bahasa Inggrisnya.


The number of books on your Goodreads TBR shelf?         
Hanya 52 buku saja dimana itu pun aku tambahkan ketika ada yang merekomendasikan via GR. Sisanya ada di ponsel dan rak bukuku sendiri (iya, aku impulsive buyer banget).

---

Itulah jawabanku atas semua pertanyaan dalam The TBR Tag. Silahkan menyalin pertanyaan tersebut dan tulis jawabanmu di blogmu. Jangan lupa, bagikan juga linknya melalui kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment