Saturday, December 20, 2014

Dongeng Misterius dari Lima Benua #1

Dongeng Misterius dari Lima Benua #1
Penulis: Widya Ross
Jumlah halaman: 112 halaman
Format: paperback
Tahun terbit: 2014
Penebit: Kiddo
Harga: Rp. 46.400 di TBMO
Rating Shiori-ko: 2,7/5
Sinopsis: dikutip dari Goodreads
Di setiap benua di dunia ini pasti ada makhluk-makhluk misterius atau tempat-tempat mistis yang menjadi omongan orang. Buku dongeng ini mengajakmu bertualang membaca cerita-cerita tentang mereka. Sst... biarpun misterius, dongeng-dongeng di sini lucu-lucu dan mengandung pesan indah yang disampaikan penulisnya untuk kamu.


Resensi Shiori-ko:
Lihat kavernya! Sungguh lucu dan eye catching kan? Awalnya aku mengira kalau buku ini adalah karya terjemahan. Namun setelah diamati oh rupanya penulis dalam negri. Aku berekspektasi bahwa di dalamnya ada cerita misterius sebagaimana mitologi dan legenda bercerita. Jadi aku putuskan untuk membeli

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Ternyata buku ini bukan buku dongeng biasa! Buku ini lebih diutamakan untuk pembaca anak-anak sehingga cara penceritaannya pun sangat mudah diikuti. Begitu pula dengan kosa katanya. Buku ini terdiri dari 3 halaman dongeng dan 1 halaman fakta unik tentang makhluk menyeramkan dari berbagai belahan dunia. Menyenangkan, karena penulis membingkai legenda dan mitos horor tersebut menjadi sesuatu yang tidak perlu ditakutkan oleh anak-anak. Maka dari itu, dongeng yang ada di dalamnya pun adalah 100% tulisan penulis alias bukan dari kisah aslinya (dan itu yang membuatku kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasiku).

Diawali dengan kisah mengenai haloween dan kemudian berlanjut pada kisah-kisah makhluk seram, hal yang aku sayangkan lagi adalah buku ini tidak mengelompokkan setiap monsternya berdasarkan asal benuanya. Sehingga, aku sendiri menjadi cukup bingung. Walau memang, pada halaman fakta unik di setiap ceritanya, penulis menuturkan darimana kisah dan moster itu berasal. Tapi tetap saja, tanpa adanya pengelompokkan yang jelas aku tetap bingung.

Penokohan
Tokoh utama dalam buku ini beragam karena buku ini merupakan buku kumpulan dongeng. Ada satu hal yang pasti dalam setiap ceritanya: monster tidak jadi menyakiti manusia karena bermacam alasan lucu dan sederhana (namanya juga buku anak-anak). 

Tata Letak (Layout)
Untuk ukuranku, harga segitu dengan hanya 112 halaman tidaklah mahal. Apalagi jika tahu kalau seluruh halamannya penuh ilustrasi lucu dan bergambar! Rasanya tidak rugi. Penulis menggandeng dua ilustrator untu menciptakan gambar monster yang lebih menggemaskan agar anak-anak yang membaca tidak malah ketakutan. Tidak ada halaman yang tidak terbaca karena kontrasnya warna antara huruf dengan latar belakang. Font face yang digunakan juga jelas dengan ukuran yang cukup besar membuat nyaman pembaca tua maupun muda.

Saran Shiori-ko:
Meski buku ini tidak sesuai dengan ekspektasiku, tapi aku cukup kaget dengan tampilan visual yang disuguhkan oleh buku ini. Sebuah sajian cerita anak-anak yang menyenangkan, meski aku sendiri tidak begitu menikmatinya. Namun, tetap saja ada pengetahuan baru yang bisa didapatkan setelah membaca buku ini. Dengan hagra yang tidak begitu mahal, aku rasa buku ini bisa dijadikan hiburan semata.

No comments:

Post a Comment