Saturday, December 27, 2014

How to be Interesting dalam 10 Langkah Mudah!

How to be Interesting: Cara Menjadi Menarik dalam 10 Langkah Sederhana
Penulis: Jessica Hagy
Jumlah halaman: 150 halaman
Format: paperback
Tahun terbit: 2013
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 52.000
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis: dikutip dar Goodreads
Bosan dengan diri Anda sendiri? Atau banyak orang menilai Anda tidak menarik? Jessica Hagy memberikan banyak ide untuk membuat Anda kembali menjadi orang yang menarik. Kami percaya setelah menerapkan 10 langkah sederhana di buku ini Anda kembali merasakan bahwa hidup ternyata seru banget! Dan Anda akan lebih disukai banyak orang.


Resensi Shiori-ko:
Tidak sengaja melihat buku ini dan teringat bahwa judul ini sempat nangkring di rak toko buku impor. Berhubung harganya mahal kalau mau beli yang versi asli, jadi ketika aku (baru) tahu kalau ada versi terjemahan, aku beli saja.

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Bagiku, buku ini menggunakan bahasa yang tidak terlalu ringan, meskipun sepertinya ingin menyampaikan dengan cara yang lebih mudah, tetapi aku menemukan beberapa kalimat pengandaian yang sulit aku bayangkan. Atau pesan yang masih ku bingungkan caranya supaya bisa kumengerti.

Konten Buku
Ide yang diusung oleh Jessica Hagy sebenarnya sederhana, hanya saja tidak semua orang memahaminya. Maka dari itu buku ini ingin mengangkat poin unik setiap individu dengan 10 cara dasar yang kemudian bisa dikembangkan dengan kemampuan masing-masing. Bagiku, 10 cara sederhana tersebut bahkan tidak sempat terpikir menjadi suatu jalan untuk membuat diri kita makin menarik baik untuk sesama manusia ataupun untuk diri kita sendiri (percayalah, jatuh cinta dengan diri sendiri itu juga menyenangkan!). Jessica Hagy memberikan kesempatan kepada pembaca untuk tidak hanya berpatok dari apa yang dia tulis. Malah, dia menyuruh pembaca untuk lebih eksplor bermacam cara menjadi menarik. Ya, memang buku ini sudah menarik!

Tata Letak (Layout)

via davidkanigan.com

Berbeda dengan edisi aslinya, kalau versi terjemahan kebanyakan bermain dengan warna kuning, hitam, putih, dan ungu. Syukurlah, warna tersebut tidak membuat sakit mata ketika membacanya. Selain warna-warni tersebut, buku ini juga dihiasi oleh diagram venn ala matematika atau adanya sumbu cartesian untuk memberikan contoh terhadap beberapa langkah menjadi menarik. Entah karena daya tangkapku yang lemah atau memang kehadiran diagram dan sumbu tersebut masih juga tidak terlalu membantuku dalam memahami isi buku. 

Saran Shiori-ko:
Tidak ada poin tertentu dalam isi buku yang membuat aku suka. Poin lebihnya ya hanya cara penyajian pesan yang singkat diiringi gambar diagram dan sumbu. Jujur, aku lebih menikmati buku Austin Kleon daripada buku ini. Kalau kamu percaya dengan apa yang aku tulis, lebih baik kamu cari pinjaman saja daripada menyesal membelinya.


2 comments:

  1. harganya memang segitukah kak?
    setahuku harganya lebih mahal.
    beli dimana kak?
    trim kasih
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aku belinya yang versi terjemahan kok :) belinya di Toko Buku Murah Online, di Surabaya

      Delete