Friday, December 12, 2014

Traveler's Tale, Belok Kanan: Barcelona!

Traveler's Tale, Belok Kanan: Barcelona!
Penulis: Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Yunita
Jumlah halaman: 230 halaman
Format: paperback
Harga: Rp. 20.000
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis: dikutip dari Goodreads


Keempat orang bersahabat dari kecil. Di masa SMA mereka mulai saling jatuh cinta tanpa pernah tersampaikan. Retno dua kali menolak Francis padahal sebenarnya Farah memendam cinta pada pria itu. Menambah masalah jadi pelik, Jusuf juga sebenarnya menyayangi Farah. 

Mereka tumbuh besar dan bekerja di negara berbeda. Masalah dimulai ketika Francis mengirimkan undangan kepada tiga sahabatnya bahwa dia akan menikah dengan gadis Spanyol di Barcelona. Masing-masing pergi menuju Barcelona meski dengan budget terbatas dari penjuru yang berbeda dengan misi tersendiri. Mencari jawaban untuk pertanyaan masing-masing. 


Resensi Shiori-ko:
Tahu buku ini ketika secara tidak sengaja mencuri dengar diskusi teman di kampus. Eh kok ya kebetulan sebuah toko buku di Surabaya sedang cuci gudang dan menjual buku ini dengan harga hanya Rp. 20.000. Tidak ada salahnya mencoba, kan?



Gaya Bahasa dan Kosa Kata

Ditulis oleh 4 penulis, setiap bab menceritakan setiap tokoh dan semuanya menggunakan sudut pandang orang pertama. Tidak perlu bingung, karena sebagian besar bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul yang memang sudah akrab di telinga kita sehari-hari. Oleh karena itu, pembawaan setiap penulis yang sepertinya mewakili setiap tokoh dan karakter dalam buku bisa terlihat dan cukup bisa dibedakan, meskipun dalam beberapa bagian aku sempat bingung ini bagian siapa.


Tokoh

Empat sahabat, dua lelaki dan dua perempuan. Dengan masing-masing memiliki keunikan. Bagiku setiap tokoh tidak terlalu dieksplor secara mendalam karakternya. Namun tidak juga terlalu dangkal. Yang ditonjolkan disini lebih banyak tentang perbedaan ras diantara keempatnya yang secara unik bisa membuat mereka semua bersahabat. Eits, tapi jangan salah, walaupun aku menilai bahwa karakter kurang dalam, 4 tokoh tersebut bisa membuat emosi pembaca jadi ikut merasakan.

via tumblr.com



Plot

Dalam buku ini digunakan plot maju dan mundur untuk menjelaskan beberapa kejadian. Untung saja, plot mundur ini tidak terlalu sering digunakan. Cara berceritanya kocak, membuat pembaca tidak sadar kalau mereka tengah membaca novel yang bertema romantis. Namun, buku ini juga tidak isa digolongkan menjadi komedi romantis.


Yang Menarik

Buku ini kurang lebih adalah travelogue yang dibalut dalam bentuk fiksi. Membagi menjadi 4 tokoh yang datang dari berbagai arah benua menuju Barcelona mewakilkan banyaknya tempat yang diceritakan dalam buku. Tidak hanya membahas tentang lokasi wisata, namun ada juga yang membahas keunikan seperti nama bandara yang sulit disebutkan. Yang menarik lagi adalah, penulis juga memberikan catatan lumayan berguna sebagai bekal bepergian. 


Kehadiran catatan kaki jangan dikira sebagai suatu hal yang serius. Memang, ada yang berupa fakta, namun ada juga yang isinya berupa banyolan dari si tokoh. Untungnya, bagiku taktik seperti itu cukup menghibur.



Saran Shiori-ko:

Ceritanya cukup menyentuh walau akhirnya aku rasa dibuat secara cepat agar cepat selesai. Padahal kalau buku ini agak tebal sedikit, mungkin akan menjadi sebuah kisah yang manis. Mumpung masih diskon dan hanya Rp. 20.000 saja, silahkan membeli :p

No comments:

Post a Comment