Saturday, January 10, 2015

Mengenal Foucault for Beginners - Introducing Foucault (Introducing Series)

Mengenal Foucault for Beginners - Introducing Foucault (Introducing Series)
Penulis: Chris Horrocks dan Zoran Jevtic
Jumlah halaman: 175 halaman
Tahun terbit: 1997
Penerbit: Mizan
Format: paperback
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis:
Michel Foucault sering digambarkan sebagai "pemikir paling penting di abad ini". Sebagai seorang filosof, sejarahwan, dan aktivis politik, ia tentu saja meninggalkan sejumlah karya yang berpengaruh dan bertahan lama. Tetapi, apakah klaim di atas dapat dibenarkan?
Mengenal Michel Foucault "For Beginners" menempatkan karya-karya Foucault dalam konteks pergolakan politik dan filosofisnya. Buku ini secara kritis menjelajahi misi Foucault -- yang sering disebut sebagai salah seorang "nabi" posmodernisme -- ketika mengedepankan isu tentang hubungan antara pengetahuan dengan kekuasaan dalam ilmu-ilmu kemanusiaan, beserta wacana dan institusinya. 


Resensi Shiori-ko:
Sudah pernah membaca buku sebentar namun terputus karena tergoda oleh buku yang lain. Pada akhirnya kembali membaca dari awal dan berhasil menghabiskannya karena penasaran dengan pemikiran-pemikiran Foucault akibat aku merasa tidak puas denga jawaban ujian yang aku berikan menyangkut teori Foucault. Tidak disangka, aku malah mampu menyelesaikan membaca kurang dari sehari!

Michel Foucult // via www.aphelis.net

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Seperti buku teks. Seperti buku teori ilmu sosial yang (mungkin) pernah kamu baca. Bahasanya begitu formal, agak kaku, dan penuh istilah dalam dunia keilmuan sosial serta filsafat. Jangan heran jika kamu tidak dapat mengerti tulisan dalam buku ini dengan sekali baca. Aku bahkan berusaha membacanya perlahan supaya dapat menangkap apa yang dimaksudkan baik oleh penulis buku dan pemikiran Foucault itu sendiri. Buku ini sebatas memindahkan apa yang ada dalam buku-buku ilmu sosial yang kaku tanpa ilustrasi dan gambar lucu menjadi bentuk yang agak tidak formal, meskipun sebagian besar bahasanya masih sulit dipahami oleh para pemula.

Tata Letak (Layout)
Sejumlah 174 halaman diisi dengan tulisan dan gambar ilustrasi menarik. Jangan salah, ilustrasinya malah membuat kita sedikit tertawa. Ada yang memang mendukung tulisan dalam halaman itu, ada pula yang seperti komik karikatur, tampaknya sedang mengejek salah satu tokoh (Foucault dikenal terlalu frontal sehingga beberapa tokoh pemikir posmodern lain tidak suka kepadanya).

Setiap halaman memiliki satu judul yang memudahkan pembaca untuk memahami apa inti dari tulisan tersebut. Setidaknya tidak terkesan membosankan apabila buku ini seperti buku bacaan lain. Pemilihan font face-nya menurutku juga cukup baik karena tidak terlihat kesan bahwa buku ini serius. Hanya bermain dengan warna hitam dan putih sehingga tidak mengganggu penglihatan ketika membaca.

Konten Buku
Untuk kata-kata "Mengenal....For Beginners" bagiku buku ini cukup berat untuk mereka yang benar-benar masih pemula. Tidak hanya menceritakan biografi Foucault saja, melainkan juga pemikiran dan hal-hal yang pernah Foucault lakukan semasa hidupya yang menjadikan dunia keilmuan dan filsafat menjadi geger. Kalau dinilai dari kelengkapannya, bagiku buku ini cukup lengkap karena bisa membahas beberapa hal utama dalam pemikirannya. Meski setiap topiknya diringkas sedemekian rupa, tapi sudah bisa dianggap informatif untuk sekedar mengetahui.Akan tetapi, karena cara penyamapaiannya yang bagiku tidak jauh beda dengan buku teks, aku rasa pembaca akan cepat bosan. Kecuali kalau pembaca sudah memiliki tekad dan rasa penasaran yang besar tentang tokoh ini.

Saran Shiori-ko:
Seperti yang aku tulis sebelumnya, jika kamu tidak memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap Foucault, kamu akan berakhir sepertiku yang menyerah di halaman-halaman awal. For your information, buku ini sudah tidak ada di pasaran mengingat bahwa buku ini diterbitkan 16 tahun yang lalu. Aku tidak tahu apakah buku semacam ini masih menjadi koleksi perpustakaan atau tidak. Namun, apabila kamu sedang mengerjakan tugas kuliah dan butuh memahami Foucault dalam waktu semalam sebagai bahan tulisanmu, buku ini bisa membantu.

No comments:

Post a Comment