Sunday, February 1, 2015

Billionaire Boy: Mark Zuckerberg in His Own Words

Billionaire Boy: Mark Zuckerberg in His Own Words
Penulis: Mark Zuckerberg
Editor: George Beahm
Jumlah halaman: 183 halaman
Tahun terbit: 2013
Penerbit: Hardie Grant
Format: paperback
Harga: Rp. 162.000 di Periplus
Rating Shiori-ko: 4/5
Sinopsis:
As the founder and CEO of Facebook, Mark Zuckerberg not only has to run fast to maintain the company's high profile success, but also needs to fight to stay ahead of some of the richest, most talented and most aggressive companies in the world. In this collection of quotations taken from interviews, presentations, media announcements and more, we see a new breed of business leader with a new way of thinking about business and success in a constantly changing world.

Resensi Shiori-ko:
Setelah berhasil menyelesaikan buku terbaru Rene Suhardono, "Passion 2 Performance", aku masih berada dalam hangover tema serupa: bisnis dan motivasi. Waktu itu aku melihat buku ini tengah menganggur di salah satu sudut meja di kantor. Namun, baru hari Jumat lalu aku berhasil meminjamnya dan membawa pulang. Alasanku ingin membacanya, aku ingin tahu tentang kisah hidup jenius di balik media sosial terpopuler Facebook.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Cara Penyampaian
Seperti apa yang tertulis pada kaver buku ini: "Mark Zuckerberg in His Own Words" yang ternyata merupakan kumpulan kutipan baik itu hasil wawancara, pidato ataupun artikel menuliskan tentang MZ. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kalau bahasanya mudah dicerna. Disampaikan dengan kata-kata yang sederhana & tidak jarang ditemukan analogi yang mempermudah penyampaian pesannya. Yang terasa ketika membaca buku ini adalah spirit MZ. Dibuktikan bahwa ia mendirikan Facebook bukan untuk mendapatkan uang tapi untuk mempermudah manusia berinteraksi (ups, jangan sampai aku mengaitkan hal ini dengan salah satu teori ilmu sosial ya, bisa panjang jadinya). Karena semua serba ringan itu lah, aku yakin pembaca bisa melahapnya dalam waktu sehari (mungkin bisa dalam hitungan jam malah!).

Isi Buku
Awalnya aku berpikir bahwa ini adalah buku autobiografi, tertulis secara naratif tentang hidup MZ sendiri. Namun ternyata bukan. Buku ini dibagi menjadi 2 bagian: (1) "Quotations" yang dibagi menjadi 2 subbab: "In Zuckerberg's Words" dan "In Other's Words", dan (2) "Timeline".

Buku ini dibuka dengan tulisan pertama berangkat dari editor, George Beahm, tentang pandangannya terhadap MZ. Kemudian dilanjutkan oleh tulisan MZ dengan format semacam surat terbuka kepada para investor. Barulah dilanjutkan dengan kumpulan kutipan dari MZ sendiri mengenai Facebook. Baik itu tentang bagaimana dia mendirikan Facebook menjadi suatu perusahaan, merekrut tim, hingga visi misi jangka panjang. Pada bab itulah aku merasa bahwa semangat MZ untuk menjadi sosok yang berguna, memiliki nilai (valuable) ia jadikan landasan mengembangkan Facebook.

quote via The Facebook Blog, 24 September 2010 // pict via www.imgfave.com
Sedangkan pada bagian "In Other Words" akan banyak ditemukan beragam pandangan tentang MZ dan usahanya mempertahankan Facebook dari tawaran miliaran dollar Amerika, bagaimana sifat dan sikapnya, dan masih banyak lagi. 

Pada bab terakhir, yakni "Timeline" berisi kronologis atau riwayat hidup MZ dengan Facebook. Tidak terlalu mendetil namun informatif. Aku suka yang seperti itu karena tidak terlihat seperti buku sejarah semasa sekolah.

Aku suka dengan format bukunya yang tidak terlalu serius namun berisi banyak pesan berguna. Mendorong semua orang untuk ikut serta menjadi bagian pemecah masalah (problem solver) di dunia ini dengan salah satunya membangun bisnis rintisan (start up business). 

Saran Shiori-ko:
Di dalam buku ini juga disebutkan CEO besar dalam dunia Teknologi Informasi seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Larry Page. Tentu saja, aku jadi tertarik untuk membaca kisah hidup mereka juga. 

Kalau kamu mau bacaan motivasional yang ringan, buku ini bisa menjadi pilihan :)

No comments:

Post a Comment