Sunday, February 1, 2015

Read on: January 2015

via www.freeallimages.com

Setelah setahun lamanya aku vakum dari dunia menulis apa yang sudah aku baca dalam sebulan, kini masih dengan semangat tahun baru, aku ingin berbagi kembali. 

Total ada 17 buku yang sudah aku baca. Masih sama seperti aku di tahun lalu, aku adalah pembaca yang disetir oleh mood. Maka jangan heran jika pilihan bacaanku bisa sangat membingungakan. Suatu hari memilih fiksi romantis dan esoknya sedang membaca buku filsafat. Oke, jadi inilah 17 buku yang berhasil aku lahap di bulan Januari.



Buku mana yang paling menarik untuk dibaca?
Apakah aku harus memberi tahu? Ronggeng Dukuh Paruk tentunya. Alasan utamanya karena keindahan permainan diksi yang ditawarkan dalam buku ini. Aku tidak salah memilih untuk jatuh cinta dengan Ahmad Tohari.

Buku mana yang paling tidak menarik untuk dibaca?
Ada dua. Yakni buku non-fiksi I Love to Organize yang ternyata sangat dangkal dan buku Kisah-Kisah Indian Amerika yang aku rasa cara penyampaiannya cukup membingungkan. 

Buku mana yang paling berkesan?
Travel Young. Seperti yang aku tulis dalam resensinya, aku membaca buku tersebut saat tahun baru. Waktu yang tepat untuk menentukan destinasi pengalaman, pengetahuan, wawasan, bahkan kondisi fisik kita sendiri di tahun 2015. Buku tersebut cocok dibaca oleh mereka yang ingin menguatkan landasan diri bahwa menjadi traveler adalah pilihan yang tidak salah. Karena belajar ilmu tidak selalu di kelas.

Jatuh cinta dengan siapa di bulan Januari 2015?
Gabriel Matthew Whittman dari fiksi kriminal Gun Games. Baik dari segi cerita maupun penokohan menguras energi dan emosiku. aku ingat, aku sempat kaget dengan bagaimana plot tersebut berjalan, sempat tidak terima mengapa penulis melakukan hal seperti itu kepada tokoh-tokohnya. Si Gabe ini adalah bocah usia 15 tahun yang ditinggal pergi oleh ibunya (yang menikah lagi dengan pria lain dan memutuskan pindah ke India) dan ayahnya (lebih memilih untuk menitipkannya kepada temannya, Peter dan Rina). Dia anak yang pintar, jenius, prodigy. Bagaimana dia mengarungi hidup di lingkungan yang benar-benar baru membuatku terkesan dan aku rasa....aku suka dengannya <3

---

Yap, berikut adalah summary super singkatku terhadap apa yang aku baca di bulan Januari. Coba cek di laman indeks blog ini, sebagian besar sudah aku tuliskan resensinya. Bagaimana denganmu? :)

No comments:

Post a Comment