Thursday, February 19, 2015

Danny si Juara Dunia

Danny si Juara Dunia - Danny the Champion of the World
Penulis: Roald Dahl
Jumlah halaman: 248 halaman
Tahun terbit: 2006
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Format: paperback
Rating Shiori-ko:  3/5
Sinopsis:
Danny sangat mengagumi ayahnya, tapi betapa terkejutnya ia ketika mengetahui ayahnya ternyata melakukan perbuatan kriminal! Orang dewasa kadang memang melanggar peraturan, tapi Danny tahu ayahnya tetap baik, penyayang, pintar, dan penuh ide asyik.
Ia akhirnya terlibat petualangan seru bersama ayahnya ketika mereka melaksanakan rencana paling berani dan berbahaya untuk mengakali Mr. Hazell yang jahat dan pelit. 


Resensi Shiori-ko:
Sibuk berburu buku-buku Roald Dahl dan inilah judul yang selanjutnya aku baca.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Masih sama seperti judul yang sebelumnya, semuanya serba ringan. Dari bagaimana gaya bahasa yang digunakan, kosa kata yang tidak sulit, hingga cara penyampaian yang sangat mudah untuk dimengerti. Selama aku membaca tulisan ini, aku tidak merasakan adanya istilah yang tidak bisa dicerna dengan mudah. Semuanya terasa ringan.

Plot
Diceritakan secara maju. Petualangan Danny dan Ayahnya terjadi sangat seru. Meskipun ada beberapa bagian yang flash back tetapi itu semua disampaikan seperti dialog antara Danny dan Ayahnya. Dari flash back itulah kita bisa tahu rahasia apa yang ada di balik kepergian Ayah Danny setiap malam.

Penokohan
Hanya ada dua tokoh utama sekaligus tokoh sentral dalam buku ini, yakni Danny dan Ayahnya sendiri. Pada beberapa bagian pertama, cerita hanya berkutat pada dua tokoh tersebut. Menggunakan sudut pandang orang pertama, yakni Danny, pembaca juga bisa tahu mengapa Danny hanya tinggal berdua.

Burung Pegar di sekeliling Hutan Hazell // via ww.roalddahl.com

Di sisi jahat, alias pelit dan licik, ada Victor Hazell yang kaya raya namun dibenci oleh Ayah Danny. Khas buku anak-anak yang mudah dicerna, penggambaran Victor Hazell dalam cerita juga terlihat bahwa dia adalah tokoh yang layak dibenci tanpa ada satu kebaikan pun dalam dirinya.

Saran Shiori-ko:
Bacaan yang super ringan yang bisa dibaca dalam hanya sekali duduk saja. Sayangnya, namanya juga buku anak-anak, jangan mengharap adanya plot twist ya :)

No comments:

Post a Comment