Monday, February 16, 2015

Shadowhunter's Guide: City of Bones

Penulis: Mimi O'Connor
Jumlah halaman: 128 halaman
Tahun terbit: 2013
Penerbit: McElderry Books
Format: paperback
Harga: Rp. 35.000 di Periplus
Rating Shiori-ko: 2/5
Sinopsis: 

Delve deep into the world of the Shadowhunters with this ultimate guide that’s based on The Mortal Instruments: City of Bones movie. This comprehensive book features full-color photographic portraits and profiles of the film characters, quotes from the script, detailed information on downworlders, Shadowhunters, the Clave, and more. Fans of the movie won’t want to miss this must-have guide to the realm of the blockbusterCity of Bones movie!




Resensi Shiori-ko:
Melanjutkan membaca buku pelengkap serial The Mortal Instruments yang sebelumnya ialah Shadowhunter Codex, kali ini aku membaca buku pendamping (companion book) dari filmnya City of Bones.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Apabila aku bandingkan dengan buku Shadowhunter Codex, buku ini tergolong sangat ringan. Penjelasannya pun tidak berbelit-belit. Setiap hal yang ada dalam film diberi keterangan yang singkat dan langsung pada intinya. Disini pembaca menempatkan diri sebagai penikmat film, bukan sebagai seorang Shadowhunter sehingga tidak akan menemukan penggunaan kosa kata yang sulit atau bahkan tidak dapat dimengerti. Sesuai dengan judulnya, buku ini ingin menjadi penuntun pembaca yang akan menonton filmnya atau sebaliknya, dari yang sudah menonton filmnya untuk lebih memahami dunia City of Bones

Isi Buku
Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian: Introduction, What to Know, People to Know, Places to Know, The Shadowhunters, Runes of the Shadowhunters, Weapons of the Shadowhunters, Into the City of Bones, dan masih ada beberapa bagian yang menarik.

via www.weheartit.com

Setiap bagian tersebut memberikan penjelasan yang didasarkan pada apa yang ditampilkan di film, bukan berdasarkan apa yang dikisahkan di dalam novel. Setiap hal yang dipaparkan selalui dilengkapi dengan gammbar atau foto. Malah, gambar dan foto tersebut yang sangat mendominasi isi buku. 

Selain penjelasan-penjelasan yang ada kaitannya dengan film, yang sekiranya tidak dapat dipahami oleh penonton yang belum membaca bukunya, Shadowhunter's Guide juga menampilkan beberapa kutipan yang diambil dari dialog adegan film City of Bones.

Saran Shiori-ko:
Secara keseluruhan untuk yang belum pernah membaca novel serial The Mortal Instruments namun sudah menonton film City of Bones, buku ini bisa dijadikan pendamping untuk menjawab pertanyaan sederhana yang ada di benak penonton. Bagiku malah berangkat dari membaca buku ini, bisa mendorong orang untuk memutuskan membaca serial novelnya. Apalagi buku ini tidak mengungkap semua misteri yang ada dalam buku. Untuk yang belum menonton filmnya, aku rasa ada percikan spoiler.

Buku ini merupakan bacaan yang sangat ringan yang bisa dihabiskan kurang dari 1 jam saja :)

1 comment:

  1. Kok tipis banget ya serial City of Bones yang ini? Filmnya nggak sebagus novelnya. :S

    ReplyDelete