Wednesday, March 4, 2015

Show Your Work!

Show Your Work!: 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered
Penulis: Austin Kleon
Jumlah halaman: 216 halaman
Tahun terbit: 2014
Penerbit: Noura Books
Format: paperback
Harga: Rp. 49.000
Rating Shiori-ko: 5/5
Sinopsis:

Kata Edgar Allan Poe, sebagian besar penulis takut jika proses berkaryanya diketahui orang lain. Sementara itu, Pablo Picasso kerap membuat orang yang berkomunikasi dengannya justru kehilangan energi dan motivasi berkarya. Ya, keduanya memang maestro legendaris, tapi sekarang bukan saatnya lagi berkarya ala mereka. Bukan juga zamannya Mozart sang genius musik. Ini eranya kamu, siapa pun kamu, bisa berkarya! Lalu, apa kuncinya? Tunjukkan saja. Di zaman keterbukaan ini, semua orang punya kesempatan sama untuk jadi hebat. Jangan sembunyikan proses kreatifmu. Undang orang-orang untuk melihatnya. Jangan khawatir kritik, karena itu bahan pelajaran buatmu. Ide yang menurutmu tidak menarik, siapa tahu luar biasa bagi orang lain. Lebih dari itu, karyamu juga bisa menginspirasi orang lain. Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu ragu atau malu. Berbagi karya membuatmu kaya!

Resensi Shiori-ko: 
Sudah cukup lama setelah aku baca buku Kleon yang pertama, Steal Like An Artist, akhirnya keturutan juga membli buku yang kedua, Show Your Work. Masih tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, Kleon mampu menuturkan hal-hal yang ada di otaknya mengenai "mempromosikan diri" dengan cara yang sangat mudah. 

Gaya Bahasa, Kosakata, dan Penyampaian
Kalau pernah membaca Steal Like An Artist edisi berbahasa Inggris, pasti sebagian besar mengatakan bahwa bahasa penuturannya bisa diikuti sembari santai membaca. Begitu pula dengan yang edisi terjemahan. Aku suka karena tidak mengubh feel Kleon dalam buku ini. Kosakatanya sudah dipastikan tidak ada yang membuat dahi berkerut. Gaya penyampaian yang menyenangkan, bahkan mungkin di beberapa poin pembaca akan berpikir "serius nih, begitu caranya?". Intinya, aku suka dengan bagaimana buku ini membungkus pesan Kleon. Menarik!

Tata Letak dan Desain
Masih sama dengan Steal Like An Artist, buku Kleon kali ini juga masih bermain dengan warna hitam dan putih saja. Buku ini memiliki keseimbangan antara gambar dengan tulisan. Ditambah pula dengan kehadiran kutipan-kutipan yang selalu ada di bagian pembuka bahasan. Tidak ada satu halamanpun yang bagiku membuat sakit mata (yah, warnanya hanya hitam dan putih saja). Nyaman untuk dibaca bahkan sambil berbaring santai di atas kasur.

via www.youtube.com

Isi Buku
Show Your Work adalah buku "memasarkan dirimu melalui karya". Aku rasa dari semua pembaca pasti pernah menemukan orang-orang yang mengunggah foto apa yang sedang dikerjakan atau bercerita mengenai pekerjaannya yang menyenangkan. Aku sendiri sering menemukan orang-orang tersebut terutama melalui akun twitterku. Kadang aku merasa kalau hal tersebut adalah cara yang buruk untuk membuat orang memperhatikanmu. Tapi ternyata Kleon malah berkata sebaliknya. Membiarkan orang lain mengetahui prosesmu bekerj dalam sebuah proyek ternyata bisa membuat kita semakin diperhatikan, apalagi jika hasil akhir pekerjaan itu juga mengagumkan. Orang lain akan lebih cepat menyadarimu.

Kleon juga menyatakan bahwa tidak ada yang salah dengan menjadi seorang yang amatir. Bahkan Chaplin dan Cobain juga mengatakan kalau mereka berdua adalah orang yang amatir. Filosofinya ialah dengan menjadi amatir kita menjadi terus belajar dan tanpa sadar kita bisa hapal dengan semua yang sudah pernah kita pelajari.

via www.rigrune.com

Saran Shiori-ko:
Semua hal yang disampaikan oleh Kleon memiliki poin unik. Seperti yang sudah aku sebutkan tadi, bisa saja pembaca merasa agak aneh dengan saran-saran yang disampaikan Kleon. Kembali lagi, karena Kleon menulis dari sisi seniman yang menggunakan "aturan" sebagai "petunjuk" semata, bukan sebagai "larangan". Lebih mengasyikkan membaca buku ini ketimbang membaca buku cara memasarkan diri yang lain yang biasa kamu temukan di toko buku. Dan tanpa sadar, tiba-tiba kamu sudah berada di halaman terakhir.

No comments:

Post a Comment