Saturday, April 2, 2016

F.A.K!

F.A.K! (Frequently Asked Kuestions)
Penulis: Devlin Putra
Jumlah halaman: 136 halaman
Tahun terbit: 2015
Penerbit: Bukune
Format: paperback
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis:


Dalam hidup, selalu ada pertanyaan sulit untuk dijawab

- bagaimana carnya bersin sambil melotot,
- kenapa Power Ranger kalau ngomong angguk-angguk
- kenapa guru selalu ngasih PR, atau
- gimana cara nyontek yang nggak ketahuan

Devlin—seorang mahasiswa yang sedang lari dari tuntutan skripsi, bersama keponakan fiktifnya, Tomi-Lili, akan menjawab pertanyaan itu dengan coret-coretan, logika berantakan, dan jokes recehan.
F.A.K!-lah pokoknya….

Resensi Shiori-ko:
Beberapa komik karya Devlin sudah sering dipublikasikan via AkuSenang, portal informasi dan berita yang memag bikin senang-senang. Sempat juga ingin membeli buku ini untuk sekedar tahu seperti apa sih tulisan seorang artis Ask.fm, yang tampaknya sedang marak dan naik daun. Terima kasih kepada Raafi yang suda memperbolekan aku untuk mengadopsi buku ini!

Gaya Bahasa, Kosa Kota, dan Penyampaian
Devlin menuangkan isi otak dan idenya ke dalam bentuk yang cukup menyenangkan. Kalau pernah bekunjung ke laman Ask.fm ilik Devlin, pasti sudah tahu kalau Devlin seringkali menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para fansnya menggunakan gambar yang lucu ketimbang menjawabnya hanya dengan kata-kata. Itulah yang menjadi kekuatan dalam buku ini. Diasjikan dalam bentuk berwarna dan sangat ringan. Belum lagi dengan gaya bahasanya yang memang dibuat kocak.

Untuk kosa kata, jangan khhawatir. Devlin menjaganya tetap sopan dan aman. Tidak ada kata yang menyudutkan kelompok atau golongan tertentu, tidak ada kata-kata yang mengarah pada konten yang vulgar ataupun yang berbau kekerasan. Semua tulisan yang ada dalam buku ini mengajak pembaca untuk tertawa lepas oleh hal-hal yang sepele.

Plot
Buku ini percampuran antara yang fiksi dengan yang tidak. Maksudnya adalah, Devlin menuangkan apa yang menjadi fokusnya ketika mengerjakan skripsi ke dalam buku ini. Tentu saja, plotnya berjalan maju dan mundur. Ada saat dimana Devlin menjelaskan tentang keadaannya saat ini, namun ada juga bagian dimana Devlin menjelaskan tentang dirinya ketika masih berada di bangku sekolah. Tidak ada konflik dalam buku ini, tetapi Devlin bisa menjaga alurnya supaya tetap menjadi lucu. 

Penokohan
Lucu juga bagaimana Devlin membawa teman imajinasinya atau tokoh yang diajukannya untuk skripsi ke dalam buku ini. Setidaknya ada 2 tokoh fiksi yakni Tomi dan Lili yang selalu menemani hari-hari Devlin.

Tomi dan Lili sebenarnya adalah kakak beradik kembar. Mereka kurang lebih memiliki kepribadian yang berbeda, karena kalau dari buku ini, Tomi ternyata lebih jago merayu ketimbang Lili. Setidaknya, dari semua kisah yang dimasukkan oleh Devlin dalam buku ini, Lili-lah yang tidak aneh-aneh.

Desain dan Tata Letak
Ini adalah yang menarik dalam buku. Devlin, karena memang berstatus mahasiswa desain pada saat itu, dia sendiri yang tampaknya membuat gambar-gambar dalam bukunya menjadi lebih lucu. Tentu dengan kehadiran Tomi dan Lili. Tenang saja, semua gambar di buku berwarna, membuat gambarnya juga menjadi semakin menarik. 

Isi Buku
Devlin menuangkan tentang kehidupannya ke dalam buku ini. Ia mengelompokkannya berdasarkan kategori yang ia pilih sendiri seperti: kehhidupan, romansa, masa kecil, dan lain-lain. Apa yang ada di dalamnya? Ya berupa jawaban dari ask yang dikirimkan oleh penggemarnya via Ask.fm. Jangan lupa, ilustrasi lucu Tomi dan Lili plus guyonan ringan ala Devlin. 

Jujur saja, buku ini lebih banyak membahas dari segi hhumornya ketimbang petuah hidup. Meskipun begitu masih ada beberapa hal yang diambil hikmahhnya. Jadi tidak semuanya bersifat guyonan semata. Aku merasa harga buku ini cukup murah karena seluruh buku ini berwarna walauu hanya 136 halaman saja. Tapi selebihnya, tidak ada yang spesial dengan buku ini.

Saran Shiori-ko:
Kalau untuk bacaan biasa, aku rasa bisa meminjam orang. Tapi kalau ingin terinspirasi dari bagaimana cara Devlin membuat buku, ya boleh saja mengoleksi buku ini. Cukup bagus untuk mereka yang ingin memulai membuat buku grafis serupa buku Devlin yang satu ini. 

No comments:

Post a Comment