Friday, April 29, 2016

Memories

Penulis: Lang Leav
Jumlah halaman: 256 halaman
Tahun terbit: 2015
Penerbit: Andrews McMeel Publishing
Harga: Rp 225.000 di Periplus
Format: hardcover
Rating Shiori-ko: 3/5
Sinopsis:

Best-selling poet Lang Leav presents a gorgeous hardcover gift book featuring the best of Lullabies and Love & Misadventure plus thirty-five new poems for fans to discover, along with original color illustrations by the author.

For fans of Lang Leav, this beautiful gift book is a must-have! Beloved pieces from Lullabies and Love & Misadventure are collected together in this illustrated treasury. In addition, 35 new poems that have not been published in any Lang Leav collection offer something new to discover. The author's original art is presented in lovely four-color illustrations. 

Lang Leav's evocative poetry in a gorgeous package with ribbon marker and cloth spine is an irresistible gift for any poetry lover!


Resensi Shiori-ko:
Puas melahap buku pertama dan buku kedua dari Lang Leav, nanggung rasanya jika tidak sekalian saja membabat habis hingga buku ketiganya, Memories. Lebih tebal ketimbang dua buku sebelumnya tidak menyurutkan niatku untuk bisa menyelesaikan puisi yang terkenal di kalangan anak muda kekinian.

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Semua masih sama. Tidak ada yang berubah. Semuanya masih khas Lang Leav yang mana cukup jago untuk membuat pembaca menjadi mellow drama karena kesan yang ditimbulkan dalam buku ternyata lebih sedih ketimbang yang sebelumnya. Sejalan dengan judul dari buku kumpulan puisi kali ini, Memories menggunakan kata-kata yang mengusik ketenangan masa lalu. Pembaca jadi ikut sedih, merasakan emosi dari si "aku" teradap "dia" dan kadang-kadang "kamu".

sumber
Sayangnya, kesan kelam tersebut kebanyakan merupakan repetisi. Penyampaiannya sama dengan yang sebelumnya, tetapi karena pengulangan dari yang sudah ditulis sebelumnya, baik itu dalam bentuk puisi ataupun flash fiction, menimbulkan kekecewaan dalam pembaca.

Desain dan Tata Letak
Tidak ada yang berubah. Masih dengan ilustrasi pembuka yang ada dalam setiap bagian, tanpa adanya ilustrasi pendukung untuk tidap judul puisi ataupun flash fiction.

Isi Buku
Seperti yang sudah aku tulis pada awal resensi, aku cukup kecewa dengan pengulangan yang tidak sedikit. Kalau pembaca adalah penggemar setia dari tulisan Lang Leav, aku rasa ia tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan mana yang sudah ada di buku-buku sebelumnya. Memang, buku ini berjudul Memories, tetapi hendaknya yang ada dalam buku tersebut adalah puisi mengenai kenangan, bukan hanya mencantumkan kembali puisi yang sudah pernah dipublikasikan. 

Tidak semua yang ada di dalamnya merupakan pengulangan. Masih ada banyak yang merupakan puisi baru yang tetap saja mengaduk-aduk emosi pembacanya. Menjadi sedih dan gunda sebagaimana tokoh "aku" mengenang seseorang yang disebut "dia" dan terkadang disebut "kamu".

Saran Shiori-ko:
Aku tidak begitu menyarankan untuk membeli yang edisi kali ini karena seperti yang aku bilang, beberapa bagian adalah bagian yang mengulang.

No comments:

Post a Comment