Saturday, August 6, 2016

Creative Schools

Tahun terbit: 2015
Penerbit: Penguin
Harga: USD 12.39 di Kobo Store
Format: EPUB
Rating Shiori-ko: 5/5
Sinopsis: 

A revolutionary reappraisal of how to educate our children and young people by the New York Times bestselling author of The Element and Finding Your Element

Ken Robinson is one of the world’s most influential voices in education, and his 2006 TED Talk on the subject is the most viewed in the organization’s history. Now, the internationally recognized leader on creativity and human potential focuses on one of the most critical issues of our time: how to transform the nation’s troubled educational system. At a time when standardized testing businesses are raking in huge profits, when many schools are struggling, and students and educators everywhere are suffering under the strain, Robinson points the way forward. He argues for an end to our outmoded industrial educational system and proposes a highly personalized, organic approach that draws on today’s unprecedented technological and professional resources to engage all students, develop their love of learning, and enable them to face the real challenges of the twenty-first century. Filled with anecdotes, observations and recommendations from professionals on the front line of transformative education, case histories, and groundbreaking research—and written with Robinson’s trademark wit and engaging style—Creative Schools will inspire teachers, parents, and policy makers alike to rethink the real nature and purpose of education.


Resensi Shiori-ko:
Aku tertarik pertama kali dengan Ken Robinson ketika menonton salah satu dari TED Talknya. Kurang lebih Ken Robinson mengatakan kalau sekolah mematikan (membunuh) kreativitas anak. Aku tidak menyangka kalau dari TED Talk itu Ken Robinson kemudian menuliskannya ke dalam sebuah buku. 

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Mulanya aku sempat menebak kalau gaya narasi Ken Robinson seperti bgaimana aku membaca Betrayal. Dalam dan perlu konsentrasi penuh ketika membacanya. Ternyata tidak seperti itu. Ken Robinson punya cara pendekatan yang menarik bagiku. Ia tidak segan-segan untuk membuka bukunya dengan bahasa yang lugas namun tepat tertuju pada apa yang sebenarnya ingin ia sampaikan. Jelas sekali. Bahkan, pembaca awam sekalipun tidak perlu menebak-nebak lagi.

Ken Robinson bisa membawa mood pembacanya dari yang awalnya terkaget-kaget dengan bagian pembukaan hingga meutuskan untuk membaca hingga akhir. Aku rasa Ken Robinson sengaja berbuat seperti itu sebagai unsur penarik.

Namun, yang namanya buku non fiksi plus buku ini juga merupakan buku laris di bidang pendidikan, maka sudah bisa ditebak kalau buku ini punya cara menjelaskan yang mendalam. Sudah terlihat jelas kalau buku ini merupakan pemikiran Ken Robinson yang tidak bisa dijelaskan begitu saja dalam TED Talk yang durasinya hanya 20 menit.

Isi Buku
This book is beyond great. Ada banyak hal yang aku setujui tertulis dalam buku ini. Ken Robinson memberikan gambaran yang ternyata tidak sempat kita pikirkan. Atau apa-apa yang kita kira tidak akan efektif untuk dijalankan. 

Awalnya, Ken Robinson menuliskan sejarah tentang pendidikan hingga bagaimana ada yang namanya kurikulum. Ken Robinson juga membuka bukunya dengan definisi dari istilah-istilah seputar pendidikan yang selama ini selalu dianggap sama.

Semakin ke belakang, Ken Robinson mulai membahas apa-apa saja yang sebaiknya diperbarui. Ia mengingatkan kalau kurikulum yang lama tidak bisa dibawa dan diterapkan hingga kini. Kurikulum hendaknya mengikuti bagaimana perkembangan dunia saat ini. Ken Robinson membahasnya secara lengkap, dari pihak pemerintah hingga peran orang tua sebagai sosok pertama yang memperkenalkan apa itu pendidikan kepada anak-anak.

Bagiku pribadi, buku ini sudah lengkap jika ingin tahu seperti apakah pendidikan yang sebaiknya diterapkan kini. 

Saran Shiori-ko:
Kalau kamu memang tertarik dengan bidang pendidikan, aku rasa memiliki buku ini adalah hal yang mutlak.

1 comment: