Friday, September 23, 2016

7 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Berburu di Big Bad Wolf Surabaya


Setelah sukses dengan Big Bad Wolf Jakarta di bulan Mei lalu, kembali lagi mereka untuk "mengguncang" Surabaya pada bulan Oktober mendatang. Gara-gara Shiori-ko sudah puas berbelanja di Big Bad Wolf Jakarta, beberapa teman di Kota Pahlawan pun meminta saran dan tips supaya mereka bisa menikmati pesta buku secara total. Daripada Shiori-ko menyebutkan satu per satu di Twitter, mengapa Shiori-ko tidak membuat blog post khusus saja?


1. Persiapkan Tabungan

celengan masih bisa jadi opsi
Sejak kamu membaca tulisan ini hingga nanti kamu akan ke Big Bad Wolf Surabaya, Shiori-ko merasa kalau kamu masiih punya waktu untuk menabung. Seperti yang sudah pernah Shiori-ko bahas di tulisan sebelumnya, harga buku di dalam Big Bad Wolf bisa membuat kamu hilang akal dan hilang kendali. Sebuah ujian iman yang sebenarnya. Bagaimana tidak? Buku-buku yang kamu selama ini lihat di toko buku masih sulit dijangkau, di acara tersebut kamu bisa mendapatkannya denga harga di bawah Rp100.000. Yakin, itu nggak bakal kalap? 

Melihat pengalaman Shiori-ko dan Bibli pada Big Bad Wolf Jakarta kemarin, rasa-rasanya kamu perlu menyiapkan dana kurang lebih Rp1.000.000 untuk memuaskan hasratmu. Meskipun kamu tahu, sepertinya uang segitu tidak akan cukup. Tapi tidak ada salahnya kan untuk menabung?

2. Usahakan untuk Datang di Pagi Hari atau Larut Malam

Atau perlu antre seperti ini?
Sama halnya dengan Big Bad Wolf Jakarta, acara di Surabaya juga akan buka hingga larut malam. Bahkan sampai 24 jam layaknya mini market. Kalau kamu ingin dapat memilih dengan leluasa, Shiori-ko menyarankan supaya kamu datang di pagi hari atau sekalian saja larut malam hingga dini hari. Area yang seluas Jatim Expo tersebut akan lebih enak disisir jika sepi. Kalian bisa melihat-lihat lebih tenang ketimbang berada pada jam-jam sibuk yang ramai.

Belum lagi untuk judul-judul dari penulis ternama yang stoknya terbatas. Rasanya kamu perlu datang di pembukaan hari pertama. Misalnya saja ketika Big Bad Wolf Jakarta, Looking for Alaska karya John Green langsung ludes di hari pertama. Bisa jadi hal serupa juga ditemukan di Surabaya.

Sudah tahu jam operasionalnya, kan? Sila atur strateginya

3. Berniat untuk Hedon? Bawa Koper dan Ransel!

Semoga cukup~
Jangan abaikan saran yang satu ini karena pengalaman Shiori-ko dan Bibli kemarin sudah terbukti. Dengan uang yang sudah kamu siapkan dan harga buku yang super miring, bukan tidak mungkin kamu akan membeli lebih dari dua buku saja. Begitu banyak judul yang menggoda untuk ikut dibawa pulang. Maka sayang sekali jika tasnya juga tidak disiapkan dengan benar.

Pihak Big Bad Wolf sudah terbiasa untuk melihat pengunjungnya membawa koper. Maka dari itu, mereka menyiapkan satu space khusus untuk menitipkan koper kosong tersebut. Ketika kamu sudah antre membayar di kasir, barulah kamu bisa mengambil koper. Sebenarnya bisa saja buku-buku tersebut dimasukkan kantong plastik. Hanya saja, jika kamu seperti Shiori-ko dan Bibli yang sangat kalap, tidak mungkin buku itu dibawa dengan kantong plastik. Panitia juga tidak masalah kalau kamu meminta kardus kepada mereka. Tapi rasanya, lebih baik menggunakan koper yang bisa kamu seret atau ransel. 

Percayalah, kamu akan berterima kasih pada Shiori-ko untuk saran yang satu ini.

4. Pastikan Perut Sudah Terisi Sebelum Masuk ke Dalam Hall

Mau datang jam berapapun, pokoknya harus sudah makan
Jatim Expo memang tidak seluas ICE BSD. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak memperhatikan stamina tubuhmu. Kamu harus masuk ke area dalam keadaan sudah makan yang cukup (tidak terlalu kenyang). Ada banyak section yang bisa kamu jelajahi dan sayang sekali jika kamu tidak bisa menyisir semua areanya. 

Kamu bisa membawa air mineral dalam kemasan ke dalam ruangan. Tapi kamu harus hati-hati ketika mengonsumsinya supaya tidak basah mengenai buku. Kalau kamu merasa lelah, kamu bisa minggir sebentar untuk mengambil napas sebelum melanjutkan berburu. Sangat tidak menyenangkan kalau merasa kelaparan di tengah-tengah perburuan.

5. Kenakan Pakaian dan Alas Kaki yang Super Nyaman

Tidak perlu banyak gaya, yang penting nyaman dipakai
Iya. Tidak hanya nyaman, tapi yang super nyaman. Kamu nyaman dengan hanya mengenakan kaos + leggin + sandal jepit? Kenakan saja. Shiori-ko sangat tidak merekomendasikan kamu untuk masuk ke dalam area Big Bad Wolf mengenakan alas kaki high heels atau sejenisnya. Lelah itu sudah pasti. 

Begitu pula dengan pakaian. Tidak peduli pendingin ruangan di dalam Jatim Expo ada berapa banyak, ketika kamu sedang asyik memilih buku, pasti akan merasa gerah. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk datang di jam-jam ramai. 

Untuk bawaan yang sebaiknya dibawa masuk ke area, kalau bisa hanya terdiri dari air mineral kemasan/botol minum, handphone, dan dompet. Gunakan saja tas selempang kecil dan ingat, berhati-hatilah.

6. Lebih Baik Gunakan Debit untuk Pembayaran

Generasi Millnnials kan generasi cashless
Sejauh ini, Shiori-ko belum mendapat informasi bank apa yang digandeng oleh Big Bad Wolf Surabaya. Tapi berdasarkan pengalaman kemarin, hanya debit Mandiri yang bisa digunakan. Sisanya, bisa menggunakan kartu kredit dari bank manapun dan tentu saja, pembayaran tunai.

Shiori-ko menyarankan kamu untuk melakukan pembayaran secara debit karena lebih aman membawa satu kartu saja ketimbang berlembar-lembar uang. Apalagi kamu membawa hingga Rp1,5 juta. Dengan debit, akan lebih mudah.

7. Hargai Sesama Pecinta Buku

Di area seluas itu, bisa banget penuh sesak dengan manusia - BBW JKT
Jangan heran kalau di dalam area Big Bad Wolf Surabaya kamu akan bertemu dengan sesama pecinta buku. Dan sangat mungkin kamu melihat seseorang membawa buku yang sebenarnya kamu incar. Kalau kamu penasaran, daripada harus melalui banyak section untuk menyisir, mengapa tidak mencoba untuk langsung bertanya. Shiori-ko pernah mengalaminya sendiri. Ketika itu, Shiori-ko melihat seseorang membawa The 5th Wave karya Rick Yancey. Langsung saja, Shiori-ko bertanya dan voila! Shiori-ko berhasil menemukannya!.

Wajar saja kalau kamu akan kalap selama Big Bad Wolf. Namun, tetap jaga attitude supaya tidak mengganggu ketenangan orang lain ya (termasuk panitia).

---

Itulah 7 tips dari Shiori-ko untuk kamu yang akan menguras tabungan di Big Bad Wolf Surabaya. Semoga tips ini berguna & selamat berburu! :D

1 comment:

  1. Makasih tipsnya..
    Udah ga sabaran nunggu eventnya!
    ��

    ReplyDelete