Saturday, August 23, 2014

This Song Will Save Your Life

This Song Will Save Your Life
Penulis: Leila Sales
Jumlah halaman: 279 halaman
Format: epub
Goodreads
Rating Shiori-ko: 4,5/5
Sinopsis: dikutip dari Goodreads

Making friends has never been Elise Dembowski’s strong suit. All throughout her life, she’s been the butt of every joke and the outsider in every conversation. When a final attempt at popularity fails, Elise nearly gives up. Then she stumbles upon a warehouse party where she meets Vicky, a girl in a band who accepts her; Char, a cute, yet mysterious disc jockey; Pippa, a carefree spirit from England; and most importantly, a love for DJing.


Resensi Shiori-ko
Bermula dari masuk ke situs literasi dan menemukan bahwa buku ini katanya bagus dan direkomendasikan kepada mereka para pembaca YA. Dari segi penampilan, lihat saja kavernya yang bagus. Dan syukurlah, begitu pula dengan isinya.

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Mudah sekali untuk diikuti oleh para pembaca muda. Bahasanya memang kebanyakan menggunakan bahasa gaul tetapi menurutku, dengan cara itulah cerita ini bisa mengena dan menyentuh. Kosa katanya ada beberapa yang aku sendiri bingung menafsirkan secara harfiah. Ada istilah baru juga bagiku dan ternyata artinya cukup menarik. Tidak ada kendala yang menyusahkanku ketika aku membaca buku ini.

Penokohan
Dikisahkan sang tokoh utama, Elise, merasa bahwa dirinya membosankan dan bukan dari kalangan anak populer sehingga dia juga beranggapan bahwa tidak akan ada teman ataupun bocah lakui-laki yang mau mendekatinya. Leila Sales bisa membawakan sosok Elise yang benar-benar 16 tahun dengan semua kegelisahannya.

Ada pula tokoh lain yang akhirnya menjadi teman Elise yakni, Pippa,Vicky, dan Char. Ketiganya berperan dalam pembentukan kepercayaan diri Elise.

Ada ayah dan ibu Elise ditambah adik-adik angkatnya dari Ayah tirinya. Yang menarik ialah, mereka semua, tokoh keluarga Elise, ternyata selama 8 tahun (setelah orang tua Elise berpisah) masih berhubungan baik. Karakternya, menurutku, sudah sesuai dengan usia remaja sekitar 16-20 tahunan.

Plot
Alur yang digunakan adalah alur maju dengan sudut pandang orang pertama, yakni Elise itu sendiri. Konflik ada awalnya hanya seputar masalah remaja milik Elise yang tidak punya teman dan sedang berusaha mendapatkannya. Tapi ternyata, ada misteri dibalik itu semua. Iya, walau misterinya hanya berupa bumu dan tidak membuat tegang tetapi cukup membuat penasaran apa yang sebenarnya terjadi selama ini dengan Elise.

sumber


Yang Menarik
Pada halaman terakhir, seusai Leila Sales mengucapkan terima kasih, ia juga memberikan daftar lagu yang bisa didengarkan ketik sedang membaca buku ini. Ohya, Elise disini mendapatkan teman karena musik, tidak salah apabila pada cerita nanti akan kamu temukan beberapa judul lagu.


Saran Shiori-ko
Awalnya aku skeptis bahwa buku ini hanya sebatas bacaan remaja semacam teenlit milik Indonesia. Ternyata pesan moral yang ada di dalamnya begitu bgus. Tentang kehidupan remaja dan bagaiman cara mengatasinya. Aku rasa selain menghibur, buku ini membawakan pesan baru bahwa pasti ada celah untuk mendapatkan teman dan pacar walau kita menilai diri kita sendiri sebagai sosok yang tidak menarik.Coba bacalah, dan lihatlah bahwa setiap orang punya keunikan dan pasti ada saja yang menyukai keunikan itu. Kamu tidak pernah sendirian :)

1 comment:

  1. Covernya bagus kak. Plus reviewnya bikin tambah tertarik buat nyoba baca.:D

    ReplyDelete