Wednesday, December 31, 2014

2014 Books Wrap-Up!

via favim.com / edited by me

Hooray! Sudah di penghujung tahun 2014 nih. Bagaimana dengan Goodreads Reading Challenge kalian? Apakah sudah berhasil memenuhi target yang dipasang sendiri? Belum tercapai? Atau malah sampai lebih-lebih? Well, di tulisan penutup 2014 kali ini, Shiori-ko mau berbagi buku apa aja sih yang sudah aku baca, dan buku apa yang bisa aku rekomendasikan ke kalian untuk kalian masukkan ke daftar to-be-read. Enjoy!




Di tahun 2014 aku berhasil membaca 122 buku! Eh, sesungguhnya 123 ding, namun ada satu judul yang tidak terdaftar di Goodreads sehingga yang terdata hanya 122 deh. Aku mengawali tahun 2014 dengan ikut Book-A-Thon yang digagas oleh salah satu Book Tumblr. Buku pertama yang aku pada malam pergantian tahun saat itu berjudul The Sherlockian, hasil pinjam dari temanku, Tisa Larasati. Bersama dirinya, aku mencoba membuat akun twitter Surabaya Book Readers untuk mengumpulkan mereka yang membaca english book untuk saling berbagi (termasuk saling meminjamkan buku!).

Ketika itu aku bisa membaca hampir selusin buku per bulannya dan secara rutin aku mengunggah setiap progres membacaku di media sosial seperti Path dan juga LINE. Datanglah bermacam pertanyaan seputar bagaimana aku bisa membagi waktuku sehingga bisa membaca begitu banyak. Malah ada juga yang merasa termotivasi untuk membaca buku lagi (dalam konteks reading for pleasure) karena postingan rutinku seputar buku. Jujur, aku jadi merasa senang karena apa yang aku unggah ternyata menularkan virus membaca.


Berikut aku beberkan beberapa pertanyaan terkait buku yang aku baca di tahun 2014 ya!

Kok bisa sih baca segitu banyak dalam setahun?
Pilihannya cuman dua. You read or you work. Nope. Maksudku, kamu selalu punya pilihan untuk membaca. Sempatkan waktumu untuk membaca. Cuma satu jam? Tidak masalah. Aku pribadi lebih suka meluangkan waktu di pagi hari sebelum aku mulai beraktivitas (misal: kuliah atau kerja) dan di waktu malam sebelum tidur (walau akhirnya aku harus ketiduran ketika membaca). Kalau memang tidak ada yang dikerjakan, gunakan waktumu untuk membaca. 

Buku yang berkesan di tahun 2014
Waduh, apa ya. Lumayan sih. Looking for Alaska contohnya. Tapi yang paling bagus menurutku dari segi bahasa dan ide cerita ya Night Circus meskipun aku membaca yang edisi terjemahannya. Kalau Fangirl memang meninggalkan kesan sebatas membuatku hangover seselesainya aku membaca buku tersebut.

Buku yang diadaptasi ke film terbaik tahun 2014
The Maze Runner for sure! Iya, ini jawaban bias karena pemainnya yang ganteng semua. Eh, tidak juga sih, walaupun buku dan film memiliki cara mengakhiri cerita yang berbeda namun keduanya sama-sama menyenangkan bagiku. Ohya, Mockingjay part 1 juga begitu! Salah satu film paling emosional yang aku tonton selama 2014 ini

Dapet duit darimana kok bisa belanja buku terus?
I do work. Ya, semenjak SMA aku sudah mengajar piano dan terus aku lakukan hingga kini. Tidak hanya itu, aku juga terkadang nyambi kerjaan yang lain yang sekiranya bisa aku selesaikan tanpa cukup banyak menyita waktu kuliah dan bermainku. Tapi terkadang, aku juga merombeng koran dan kertas yang tidak terpakai. Hasilnya lumayan loh untuk membeli bacaan baru. Kalaupun ingin buku, aku kadang ikut kuis yang dimana aku tahu peluangku untuk menang cukup besar. 

Buku yang direkomendasikan
Kalau untuk non-fiksi, aku sangat menyarankan kamu untuk membaca seri 30 Paspor di Kelas Sang Profesor. Lumayan, bisa dijadikan "mesin" supaya kamu punya motivasi untuk berpergian sendiri ke tanah orang. Untuk buku fiksi...well, lagi-lagi aku merekomendasikan Night Circus. Setidaknya buku itu mengajakmu ke area magis dunia sirkus dan sulap dengan diksi yang sangat indah.

Target baca tahun 2015
Untuk awalan, aku menargetkan hanya membaca 50 buku. Entah kalau kecepatan membacaku tiba-tiba bertambah dan bisa sebanyak tahun 2014. Ahya, aku juga ingin di tahun 2015 aku bisa semakin aktif menulis di blog buku ini atau bahkan berpartisipasi aktif di setiap event BBI :)

---

That's it! Shiori-ko's 2014 Books Wrap Up! Walaupun singkat, semoga tulisan disini bisa memberikan informasi kepada kalian. Selamat Tahun Baru!

edited by me / via www.popularphotographybiz.com 

3 comments:

  1. Congrats for completing your GR Reading Challenge kak! As for me.. I only finished 17/20 books targeted, even there are some comics and non-novel on it, although it is safe to say that is because I just had my UN this year, and entering+adapting into high school life are pretty..you know. I hope I can fix this in 2015. Oya, I would like to know your 2015 bookish (or perhaps non-bookish) resolutions kak! Happy early new year!

    ReplyDelete
  2. Bener, Night Circus emang nggak ngecewain. Terjemahannya sih nggak bikin sakit ya.. soalnya aku masih bisa nangkep maksud cerita itu.
    Dan aku juga setuju, maze runner adalah film yang bagus dan ganteng-ganteng pemainnya. Kalo mockingjay part 1 entah kenapa aku serasa nonton film komedi walau, yaah.. si Katnis emang emosional banget sih disitu.
    Kamu berhasil membaca 122 buku, congrats! Aku aja hanya 74 buku. Semoga taun ini bisa melebihi target dari taun kemarin. Ehem, iya.. ayo ikutan event seru BBI ..

    ReplyDelete