Saturday, March 12, 2016

Rahasia Gadis

Rahasia Gadis: A Girl's Secret Guidebook
Penulis: Rahasia Gadis
Jumlah halaman: 100 halaman
Penerbit: Rafikatama
Format: hardback
Harga: Rp 79.000 di Rahasia Gadis
Rating Shiori-ko: 4/5
Sinopsis: 

This is my diary of dreams, life, happiness, and love. This is the secret I'd like to share with you!


Resensi Shiori-ko:
Buku self-help belakangan ini banyak yang mengincar pasar remaja perempuan dan wanita. Memang, tidak hanya sekali saja. Namun, tetap saja, remaja + wanita adalah salah satu pasar yang empuk. Buku yang satu ini, Rahasia Gadis: A Girl's Secret Guidebook, juga berangkat dari keinginan tim Rahasia Gadis yang digagas pertama kali melalui Instagram, untuk membuat remaja & wanita menjadi lebih baik. 

Gaya Bahasa, Kosa Kata, dan Penyampaian
Kalau sudah pernah berkunjung ke akun Instagram Rahasia Gadis, pastilah sudah mengetahui bagaimana gaya bahasanya. Rahasia Gadis menuturkan semua pesannya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca muda. Begitu pula dengan kosa katanya. Meskipun menggunakan bahasa Inggris, aku rasa semua pembaca & followers-nya dapat memahami apa yang ingin disampaikan oleh tim penulis. Dengan gaya bahasa yang sangat santai, jangan heran jika dalam satu kalimat ada kata dalam Bahasa Indonesia dan juga kata dalam Bahasa Inggris. 

Untuk cara penyampaian, sebenarnya buku ini tidak berbeda dengan buku-buku self-help lainnya. Tim Rahasia Gadis menempatkan pembaca sebagai orang kedua dan menjadikan buku ini seperti kumpulan kata penyemangat sekaligus nasehat yang membangun. Hanya saja, karena bahasanya adalah bahasa gaul, aku rasa pembaca akan lebih dapat menerima ketimbang disampaikan dengan cara menggurui.

Desain dan Tata Letak
Yang sebenarnya membuat buku ini menjadi menarik adalah karena desain dan tata letaknya (design and layout). Buku ini dari awal hingga akhir penuh dengan warna. Setiap halamannya pun diberikan ilustrasi dan gambar-gambar yang membuat penjelasan dalam kalimat menjadi lebih hidup dan enak untuk dibaca. 

sumber
Setiap 2 halaman, selalu ada tema yang menekankan pesan yang disampaikan. Gambar-gambar tersebut juga tidak hanya gambar yang sederhana, melainkan juga ada yang berupa typography. Oh iya, uniknya lagi, dalam buku Rahasia Gadis semuanya ditulis/digambar tangan lo! Sayangnya, kualitas gambarnya masih kurang tajam. Mungkin karena tidak menggunakan aplikasi komputer untuk melakukan layouting-nya ya.

Isi Buku
Kalau teman-teman sudah terbiasa untuk membaca buku self-help khususnya yang ditujukan kepada remaja perempuan, pasti tidak asing dengan inti pesan yang ada dalam buku ini. Misalnya saja, himbauan untuk mencintai diri sendiri, menjadi orang yang selalu bersyukur, dan hal-hal lain yang sudah sering diucapkan/dikatakan oleh orang-orang di sekitar kita. Aku merasa buku ini tidak terlalu banyak membawa tulisan yang berbeda. Berbeda misalnya seperti tulisan Henry Manampiring dengan The Alpha Girl's Guide-nya. Tulisan yang ada dalam buku Rahasia Gadis masih bersifat normatif. Kurang lebih tidak terlalu beda jauh dengan karya Diana Rikasari, #88 Love Life (kecuali kualitas gambarnya yang lebih tajam).


Buku Rahasia Gadis bagiku seperti kumpulan pesan-pesan kepada remaja perempuan yang didesain ulang dengan sentuhan a la Rahasia Gadis sendiri. Untuk penataannya, Rahasia Gadis tidak memberikan pembatas atau mengorganisir berdasarkan aturan tertentu untuk mengelompokkan pesan yang berada dalam satu tema.

Saran Shiori-ko:
Dengan kumpulan pesan dan motivasi yang disajikan menarik, apalagi penuh gambar dan ilustrasi menggemaskan, harga Rp 79.000 bukanlah harga yang mahal. Buku Rahasia Gadis juga pantas berada di rak bukumu dan bisa kamu baca-baca kapanpun!

featured image source

No comments:

Post a Comment