Monday, May 2, 2016

Shiori-ko & Bibli Kalap di Big Bad Wolf Jakarta 2016



Semenjak Shiori-ko pindah ke Bekasi untuk pekerjaan, intensitas bertemu dengan Bibli menjadi sebulan sekali (dari yang mulanya bisa 1-2 tahun sekali). Agenda untuk hadir pada acara Big Bad Wolf Jakart 2016 sudah pasti ada dalam kalender aktivitas mereka berdua. Dan, tentu saja, Shiori-ko memilih untuk datang pada hari pertama, alias pada tanggal 30 April 2016 dan ditemani Bibli!

Big Bad Wolf Jakarta 2016 terletak Indonesia Convention & Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Memang, jauh dari Jakarta. Tetapi akhirnya Shiori-ko paham mengapa acara tersebut dihelat disana: venue-nya luas sekali! Parkir mobilnya sepertinya bisa menampung banyak ketimbang di JCC seperti acara-acara perbukuan biasanya. 

Karena ICE BSD yang begitu luas dan terdiri dari banyak hall, perlu tahu juga hall berapakah Big Bad Wolf Jakarta 2016 berada. Yap, Big Bad Wolf Jakarta 2016 ada di hall 10 dan hall 9 sepertinya digunakan untuk gudang buku mereka, menyimpan stok-stok yang belum dikeluarkan semuanya. Begitu masuk ke dalam, ada petugas yang menawarkan memberikan troli kepada pengunjung. Saran Shiori-ko, terima saja. Kalau kamu merasa dirimu bisa mengontrol diri, Shiori-ko meragukannya. Contoh kasusnya ya ketika Shiori-ko dan Bibli berada di sana. Awalnya, mereka hanya membawa satu troli saja. Tapi di tengah perjalanan, mereka akhirnya membawa troli masing-masing!

The Hunger Games UK Edition cuma Rp 60.000!
Karya klasik hanya Rp 45.00!
Shiroi-ko & Bibli awalnya mau menelusur setiap area secara terstruktur. Alias tidak asal melompat dari area satu ke area lainnya. Sama seperti masalah troli, semula mereka masih stick to the plan, tetapi ujung-ujungnya, karena banyak sekali area yang ada di sana plus luasnya hall dan semuanya berisi buku, mereka akhirnya pasrah. Langsung berlompatan kesana kemari untuk segera mengambil buku yang diincarnya. 

Ketika masuk ke dalam, Shiori-ko dan Bibli juga memiliki prinsip, "pick now, sort later". Mereka tahu bahwa pengunjung di hari pertama ternyata sebagian besar adalah mereka yang paham dengan dunia perbukuan, sehingga sangat bisa terjadi, buku yang kami incar sudah habis duluan. Oh, dan jangan lupa kalau mereka berdua benar-benar went wild! Shiori-ko menemukan banyak buku bagus, masih menjadi diva di beberapa toko buku impor ternyata dijual dengan harga dibawah Rp 100 ribu. Bayangkan saja, bagaimana mungkin mereka bisa menahan iman.

novel grafis mulai dari Rp 95.000
buku yang ada tobuk impor masih mahal, di sana cuma Rp 60-70 ribu 
Selama di dalam hall 10, Shiori-ko dan Bibli bertemu banyak teman dari komunitas Blogger Buku Indonesia, lo! Ada kak Essy, ada kak Marina, dan kak Daniel yang akhirnya memutuskan untuk ikut menjelajah bersama mereka. Bertemu dengan para Blogger Buku Indonesia malah bukan untuk saling mengingatkan kalau troli mereka sudah tidak muat, melainkan malah memotivasi supaya berbelanja lebih banyak! Uang bisa dicari, diskon buku kapan lagi? Hihihi

ki-ka: kak Daniel, Shiori-ko, dan Bibli
Shiori-ko, Bibli, dan kak Daniel memutuskan berhenti berkeliling saat semanya mereasa lelah dan kehabisan napas. Shiori-ko dan Bibli bahkan berkata kalau mereka lapar. Setelah istirahat sejenak dan setelah mensortir buku-buku apa saja yang layak mereka bawa pulang (disini Shiori-ko merasa sedih karena harus mengeliminasi banyak buku...), mereka melanjutkan pencarian sendiri-sendiri. Shiori-ko sempat menelusur area non-fiksi, tetapi tidak begitu tertarik lagi karena sudah kepikiran berapa banyak uang jajan yang dihabiskan untuk buku-buku yang ada di trolinya huhu.

belanjaan sebelum sortir yang kesekian hiks
Ohya, kamu penasaran buku apa saja yang berhasil Shiori-ko bawa pulang? Yang jelas, Shiori-ko tidak mau melepaskan Chaos Walking Trilogy karya Patrick Ness dan More Than This dari penulis yang sama. Asal kamu tahu saja, mendapatkan buku itu tidak semudah membeli Wonder karangan R.J. Palacio yang bisa kamu temukan di semua toko buku impor.

Ini dia belanjaan Shiori-ko!


















Belanjaan Shiori-ko terdiri dari:

  • Chaos Walking Trilogy by Patrick Ness (@ Rp 60.000)
  • More Than This by Patrick Ness (Rp 60.000)
  • Looking for Alaska (hardcover) by John Green (Rp 60.000)
  • Hollow City (hardcover) by Ransom Riggs (Rp 95.000)
  • Second Chance Summer by Morgan Matson (Rp 60.000)
  • Nick & Norah's Infinite Playlist by Rachel Cohn & Devid Levithan (Rp 60.000)


Ada bnayak koleksi di sana, yang aku rasa, kamu pasti kaget kalau dijual dengan arga cuma Rp 60.000 saja. Tips dariku sih, menyerahlah pada serbuan diskon tersebut & bawa koper!

9 comments:

  1. Replies
    1. terima kasihh bibli sudah bersedia menemani!

      Delete
  2. kyaaaa mau semuanya, kecuali looking for alaska! hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir kesana lah mbak mumpung masih ada waktu XD

      Delete
  3. Uang bisa dicari, diskon buku kapan lagi?

    Setuju
    Mendukung
    Lanjutkan
    Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ga salah kan mas Dion kalau jadi kalap selama di dalam hall? :")

      Delete
  4. Kamu pindah ke Bekasi kok ngga bilang2. Kan bisa janjian kumpul sama BBI Jabodetabek yang lain :-)

    ReplyDelete
  5. Oh. My. God. Patrick Ness! *meninggal.
    *berdoa semoga event ini akan diadakan tiap tahun biar bisa mencicip.

    ReplyDelete
  6. Hi. Untuk rainbow rowell judul bukunya yg mana aja ya? Sepertinya bsok berencana mau kesana :)

    ReplyDelete